Wonogiri (22/01/2023), Tepatnya di Desa Ngandong, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Semarang menggelar acara pelatihan yang dihadiri oleh perwakilan karang taruna masing-masing dusun di Desa Ngandong, Kepala Desa Ngandong yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Desa, Ketua Karang Taruna Desa Ngandong, dan beberapa Perangkat Desa. Pelatihan ini mengangkat tema besar 'Pemberdayaan Remaja Desa Ngandong Terkait Penggunaan Internet yang Bijak di Era Teknologi 4.0'. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris Desa, sambutan perwakilan KKN, dan sesi pemaparan materi yang dibawakan oleh ketiga mahasiswa dengan masing-masing materinya yakni Bijak Berinternet, Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pemasaran, dan Pentingnya Pengelolaan Keuangan Melalui Sistem Alokasi 50 30 20.
Materi "Bijak Berinternet" yang dibawakan oleh saudari Ayu mengawali sesi materi pada rangkaian acara pelatihan ini. Garis besar materi yang dibawakan ini mengajak kita untuk mengenal dan memahami bagaimana pengertian bijak dalam berinternet, dan hal-hal yang ada dalam internet baik dan buruknya.
Materi kedua yang dibawakan oleh saudara Izza berjudul "Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pemasaran" ini menjelaskan kepada remaja-remaja karang taruna tentang manfaat lain Instagram yang selama ini hanya digunakan sebagai sarana hiburan oleh mayoritas remaja. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pengetahuan berupa tips dan cara-cara untuk meningkatkan engagement akun Instagram mereka jika nantinya akan menggunakan Instagram sebagai tempat untuk pengembangan UMKM yang mereka miliki
Materi ketiga ditutup oleh saudara Hafidz dengan judul "Pentingnya Pengelolaan Keuangan Melalui Sistem Alokasi 50 30 20". Materi ini memberikan penjelasan terkait salah satu metode budgeting yang mana sudah dilakukan oleh banyak kalangan. Hal ini dirasa perlu disampaikan kepada para remaja guna meningkatkan awareness mereka dalam mengalokasikan dana mereka dan memanfaatkan dana milik mereka sendiri dengan lebih bijak.
Kegiatan ini ditutup dengan campaign bersama supaya remaja Karang Taruna dalam menggunakan internet dan media sosial lebih bijak guna mengembangkan diri serta meningkatkan kesadaran dalam penggunaannya. Pelaksanaan campaign ini yakni menumbuhkan rasa bangga sebagai remaja Desa Ngandong sekaligus mem-branding Desa Ngandong kepada masyarakat secara lebih luas.
Campaign ini nantinya akan membawa nama Desa Ngandong menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas dan nantinya campaign ini bisa dimanfaatkan oleh karang taruna setempat sebagai dasar dari pemasaran digital.
Penulis : Liri Ardian Pusparani (FH), Muhammad Fajar Hafidz (FEB), Rona Andriyanto (FT)
DPL : Rosa Amalia, S.Pi., M.Si., Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn., Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H