Lihat ke Halaman Asli

Demam Tablet (Samsung)

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12923209922078155285

Ipad dan Samsung Galaxy Tab saat ini memang jadi buah bibir. Sebenarnya apa kelebihan kedua gadget canggih itu sampai-sampai banyak sekali orang ingin memilikinya? Kali ini saya hanya ingin me-review samsung tab. Pilihan saya jatuh pada tablet 7 inch keluaran samsung karena memang  bentuknya lebih kecil dan saya pikir akan lebih praktis jika dibawa kemana-mana. Namun, alasan utamanya sih karena memang butuh untuk selalu mobile sambil membaca buku-buku online. Secara keseluruhan samsung galaxy tab ini cukup berfungsi. Ada banyak aplikasi gratis yang ditawarkan, seperti (salah satunya) yg selalu sy gunakan adalah voice recorder. Lumayan membantu kuliah saya. Hasilnya juga tak jelek. Dan mampu merekam berjam-jam, semua tergantung dari kapasitas memori. Untungnya, samsung galaxy tab ini bisa menggunakan memori eksternal sampai 32 GB.

Bagi penggemar game, cukup banyak juga game-game gratis yang bisa di download. Tak masalah. Baru-baru ini sy mencoba game ‘angry birds’ yang ternyata hampir membuat saya terlena karena keasyikan main.

Untuk membaca koran atau majalah, juga ada kompas.com, Le Monde, Le Frigo, New York Times, detik.com, dan lain-lain. Cukup dengan menyentuh ikon aplikasi, kita sudah bisa membaca koran apa yang kita inginkan. Tentu bisa sambil guling-gulingan, duduk-duduk santai, atau sambil menunggu orang yang tak kunjung datang.

Untuk fasilitas komunikasi/jejaring sosial seperti facebook, twitter, yahoo messanger, ataupun skype juga bisa berjalan maksimal. Yang terpenting adalah tersedianya jaringan internet atau wifi yang stabil. Di Eropa, seperti negara Prancis, samsung galaxy tab dibanderol dengan harga 199 euros dengan sistem rembourse sebesar 100 euros, dan kita harus berlangganan internet/sms/MMS/emai/TV unlimited, yang berarti harus membayar 31 euros/bulan sampai dengan kontrak 2 tahun. Tergantung dengan pilihan langganan yang diinginkan. Oh iya, salah satu kelebihan samsung tab ini adalah kemampuannya untuk bisa ber-sms, ber-MMS, berfoto (karena dilengkapi kamera depan dan belakang), juga bisa telpon.

12923214571136559198

Lalu, apa kekurangannya?

Menurut sy, koleksi e-books nya gak terlalu banyak, apalagi filsafat. Untungnya masi banyak format buku/artikel dalam bentuk Pdf, namun sebenarnya semua itu bisa didapat melalui PC dirumah. Tapi tentu saja, PC gak bisa mobile seperti tab atau ipad. Kemudian juga masalah koneksi 3G. Wah, saya sering kesulitan mendapatkan jaringan 3G, apalagi kemarin pergi ke suatu desa di dekat kota Nancy, kadang saya dapat sinyal 3G, kadang juga nggak. Intinya, koneksi internet harus stabil. Dan memang bisa mengakses internet melalui wifi, tapi kan itu juga tergantung tempatnya.

Sebetulnya, semua fungsi dalam satu gadget memang tak begitu sempurna untuk dilakukan dalam waktu yang bersamaan, walaupun dengan samsung galaxy tab bisa multitask. Tidak akan mungkin sy menggunakan sms, mms melalui tab begitu seringnya, sedangkan misalnya sy masih menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Alesannya simple, karena hp lebih mungil ketimbang tab. Dan kalo lagi buru2, rada ribet kalo harus ngeluarin tab

:D

Kembali ke fungsi awal saja kalo begitu

;)

[caption id="attachment_79824" align="aligncenter" width="428" caption="samsung galaxy tab"]

12923213261986472720

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline