Sudah 1 dekade, perusahaan ekspedisi JNE menghelat JNE Content Competition, yang mana di 2023 ini mengusung tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama". Tema tersebut bukan tanpa arti, namun hal tersebut dimaknai menjadi sebuah progress, pertumbuhan, pergerakan dan perjalanan perusahaan.
Tema tersebut diharapkan dapat memberikan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi. Dan untuk diketahui, ada yang berbeda di perhelatan tahun ini, kompetisi ini menambahkan 2 kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar, dimana dimaksudkan agar memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya.
Dilaksanakan pada 10 Juli 2023 lalu, di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V No. 6, RT 03/05, Melawai, Jakarta Selatan, Awarding Content Competition 2023 oleh JNE resmi mempunyai pemenang. Dengan total keseluruhan sebanyak 48 pemenang dengan 4 kategori diundang untuk menghadiri acara penyerahan hadiah secara hybrid.
Acara tersebut dihadiri oleh 4 dewan juri yaitu, Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito. Tidak hanya itu, hadir pula Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Eri Palgunadi selaku Marketing Group Head JNE, dan acara ini dipandu oleh MC Ario Astungkoro.
Marketing Group Head, Eri Palgunadi mengatakan, bisnis kami yang tadinya hanya sekedar mengirimkan, namun kita menjadi sebuah penghubung kebahagiaan sesuai dengan tagline Connecting Happiness yang harus kita rayakan agar bisnis menjadi kreatif."JNE sebagai sebuah organisasi dengan usianya 33 tahun kita akan selalu mendukung industri kreatif, dan hal ini menjadi sumbang kasih kita untuk kemajuan bangsa. JNE terus berkomitmen untuk memberikan berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian negara melalui sejumlah langkah bisnisnya. Tidak sendiri, bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelanggan, serta mitra," ucapnya.
Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Joshua Simanjuntak menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada JNE yang telah menyelenggarakan Content Competition yang ke 10, yang sangat luar biasa sekali. Walaupun sebagai perusahaan logistik, namun memberikan perhatian besar kepada dunia kreativitas, dimana dengan kategori literatur, foto, design, dan video tentu hasilnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas.
"JNE bisa membuat kerjasama dengan membuat terobosan-terobosan dengan para stakeholder termasuk juga kepada pemerintah, agar kita terus dapat mendukung logistik untuk memberikan kontribusi kepada para pelaku ekonomi kreatif yang lebih kompetitif," tutur Joshua.
Untuk para pemenang diumumkan pada tanggal 4 Juli 2023 lalu melalui situs Kumparan dan JNEWS Online serta Instagram @JNE_ID. Para pemenang diambil dari berbagai kategori, yaitu karyawan, mahasiswa / pelajar, wartawan, dan umum.
Para Pemenang JNE Content Competition 2023
Pemenang foto Juara 1 karyawan asal JNE Medan, Abdihil Mukhlis
"Terima kasih kepada JNE dan dewan juri sudah menilai hasil karya saya, alhamdulillah kali keduanya saya menang di kompetisi ini, sebelumnya saya pemenang juara 1 di kategori design tahun sebelumnya. Mural Alm Bapak Prapto merupakan mural hasil karya saya sendiri di JNE Medan. Semoga tahun depan saya bisa cross kompetisi dalam kategori lainnya." ungkapnya.