Lihat ke Halaman Asli

DAyat RM

Kompasianer

5 Makanan Khas Kota Pekalongan, Pecinta Kuliner Wajib Coba!

Diperbarui: 1 November 2021   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Post by : tandaseru.id

Pekalongan merupakan kota di pesisir utara pantai jawa(Pantura). Terkenal dengan predikat kota batik menjadikan Pekalongan salah satu destinasi wisata belanja dan rekreasi. Selain khas dengan batik, Pekalongan Juga memiliki beberapa kuliner dengan cita rasa yang khas. Berikut adalah 5 Makanan Khas Pekalongan yang wajib Anda cicipi.

1. Sego Megono

Megono adalah jenis makanan yang terbuat dari nangka muda(Gori/CECEK) dengan parutan kelapa dan bumbu yang khas. Cincangan nangka muda bercampur dengan aroma kecombrang dan daun salam berpadu dengan gurihnya kelapa, menjadikan megono santapan yang pas disajikan bersama dengan nasi hangat, gorengan tempe dan ikan asin.

Sego megono menjadi menu yang selalu hadir dalam setiap acara atau perayaan masyarakat Pekalongan, seperti nikahan, sunatan, slameten dan lain-lain.

Selain rasanya yang sedap, Megono memiliki harga yang sangat terjangkau, berkisar antara 3000-4000 rupiah (belum termasuk lauk pauk lainya).

Anda dapat menjumpai sego megono hampir di setiap warung makan Pekalongan. Bila Anda mampir atau melewati Pantura, sempatkan untuk mencicipi makanan khas Pekalongan tersebut.

2. Soto Pekalongan (Tauto)

post by : www.tripadvisor.co.id

Berbeda dangan soto jogja dan soto bening khas jawa tengah. Soto Pekalongan memiliki rasa yang lebih gurih dan pedas. Selain dari rasanya, kuah soto pekalongan memiliki ciri warna merah yang berasal dari tumisan cabai merah bersama dengan bumbu lainya.

Ciri khas utama dari soto Pekalongan adalah terdapat tauco yang menciptakan cita rasa gurih, asin dan sedikit asam guna mempertebal rasa. Umumnya, Soto Tauto dapat Anda jumpai mulai pagi hari hingga pukul 20.00 WIB (8 malam). Namun, Anda dapat menemukan soto tauto hingga larut malam di tempat pariwisata atau pusat oleh-oleh kota Pekalongan.

Meski berbeda bumbu dan resep, Namun bahan utama soto Pekalongan sama seperti soto lainnya. Soto Pekalongan terdiri dari mie bihun dan beberapa variasi protein hewani seperti ayam, daging, babat, jeroan dan kulit. Harga soto tauto berkisar antara 10.000-15.000 rupiah per porsi. Bagi Anda yang menyukai makanan berbahan dasar mie dengan rasa pedas, gurih dan kental. Anda wajib mencoba Soto Pekalongan (Tauto).

3. Pindang Tetel

post by : kulinear.hops.id

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline