Lihat ke Halaman Asli

Rumi Alfianor

Instagram: @rumialfianor

Umar bin Khattab, Pemimpin yang Patut Diteladani

Diperbarui: 31 Januari 2024   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Dokumen Pribadi)

Prof Dr H Ridhahani Fidzi, M.Pd. pada kajian islami yang dilaksanakan di Masjid Al-Jihad Banjarmasin yang dilaksanakan seusai menunaikan ibadah salat magrib berjamaah, Selasa (30/01/2024) mengatakan bahwa Umar bin Khattab RA merupakan contoh pemimpin yang patut diteladani.

Betapa tidak, menurut Prof Dr H Ridhahani Fidzi, M.Pd., Khalifah Rasyidin kedua setelah Abu Bakar ash-Shiddiq RA itu memiliki berbagai macam kriteria karakter pemimpin yang sangat baik sekali, salah satunya ialah kesederhanaan.

"Dia (Umar bin Khattab RA) sebagai seorang khalifah, sebagai kepala negara, tapi Umar bin Khattab RA tetap bekerja di kebun untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Bahkan, gajinya sebagai khalifah pun sering diberikan kepada masyarakat," ujar Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan Periode 2022 -- 2027 tersebut.

Lebih lanjut, ujar Prof Dr H Ridhahani Fidzi, M.Pd., Umar bin Khattab RA sangat merakyat. Ia sering keluar di malam hari melihat relung-relung kehidupan masyarakatnya, salah satunya untuk mencari orang-orang yang patut untuk dibantu olehnya.

Bahkan, dalam kisah yang begitu masyhur kita tahu bersama, Umar bin Khattab RA pernah ditawari kenaikan gaji oleh para sahabatnya kala itu karena dinilai tidak relevan lagi dengan kebutuhannya sebagai seorang khalifah. Namun, dirinya menolak dengan tegas.

Sahabat lalu mengutus Hafsah yang tidak lain adalah anak Umar itu sendiri dan Hafsah adalah salah seorang istri dari Rasulullah SAW. Diharapkan, melalui media seorang anak ini, Umar mnu menerima tambahan gaji ini.

Akan tetapi, begitu Hafsah menyampaikan itu kepada ayahandanya, Umar tampak terlihat menahan kemarahannya lalu berkata, "Wahai anakku, andaikan aku tahu orang yang menyarankan ini, pastilah akan kutampar wajahnya," ucap Umar bin Khattab RA yang bergelar Singa Padang Pasir tersebut.

Umar bin Khattab RA melanjutkan, "Wahai Hafsah, aku sudah belajar mengikuti kehidupan Rasulullah SAW yang sangat sederhana, karena itu, Rasulullah SAW, Abu Bakar dan aku, itu bagaikan tiga orang musafir, yang sedang menempuh perjalanan panjang yang penuh tantangan untuk menuju kehidupan akhirat," ujarnya.

Begitulah sepenggal kita tentang Umar bin Khattab RA dengan kesederhanaannya menurut Prof Dr H Ridhahani Fidzi, M.Pd. yang pada waktu itu menjabarkan tujuh kriteria memilih calon pemimpin menurut Muhammadiyah yang dikeluarkan sesuai Munas Tarjih di Tahun 2023, yang salah satunya telah dibahas tadi yakni terkait dengan kedekatan dengan rakyat serta kesederhanaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline