Lihat ke Halaman Asli

ROMI INUNG VANIANTO

SD NEGERI DUWET 02 BAKI SUKOHARJO JAWA TENGAH

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.1

Diperbarui: 14 April 2023   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.1

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

Romi Inung Vanianto

CGP Angkatan 7

Sukoharjo

Jurnal ini dibuat untuk merefleksikan kegiatan selama mengikuti alur MERDEKA pada modul 3.1. Pendidikan Guru Penggerak materi Pengambilan Keputuan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.

Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

Facts (Peristiwa)

Pengalaman saya mengikuti pembelajaran pada modul 3.1 ini sangat luar biasa. Saya melalui tahapan belajar alur MERDEKA seperti modul-modul sebelumnya. MERDEKA merupakan singkatan dari Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, Aksi nyata.

Tahap mulai dari diri, saya melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge) dan mengamati keterapilan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan dengan berada diantara berbagai pemangku kepentingan, diataranya murid, orang tua murid/wali murid, guru, pengawas, dan pihak komunitas sekolah.

Tahap eksplorasi konsep merupakan tahap dimana saya bereksplorasi secara mandiri untuk memahami konsep pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin dalam sekolah sebagai institusi moral, menjelaskan pentingnya pengambilan keputusan seorang pemimpin yang berdasarkan 3 unsur, yaitu berpihak pada murid, bertanggung jawab, serta berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal, dan menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan dilema etika.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline