Lihat ke Halaman Asli

ROMI INUNG VANIANTO

SD NEGERI DUWET 02 BAKI SUKOHARJO JAWA TENGAH

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran KSE

Diperbarui: 6 Maret 2023   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Aksi Nyata Modul 2.2

PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

Romi Inung Vanianto

CGP Angkatan 7

Sukoharjo

Pada Kesempatan ini, saya akan menuliskan Aksi Nyata yang telah terlaksana pada modul 2.2 tentang Kompetensi Sosial Emosional dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Finding, Future) antara lain :

FACT ( Fakta )

Pembelajaran Modul 2.2 ini dimulai dengan mulai dari diri, kami diberikan beberapa pertanyaan tentang pengalaman yang pernah kami alami yang berhubungan dengan tugas kami sebagai pendidik yang berkaitan dengan sosial dan emosional. Bagaimana kami menghadapi kasus tersebut, serta apa yang kami pelajari dari kasus tersebut. Kemudian kami disuguhi dengan eksplorasi konsep yang berisi materi-materi tentang Kompetensi Sosial Emosional, Pembelajarannya serta Implementasinya di sekolah. Selain itu juga diselingin dengan tugas-tugas yang berisi refleksi dari tiap-tiap materi yang telah kami pelajari.

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pembelajaran Sosial Emosional ini dapat diimplementasikan di kelas atau sekolah dengan 4 indikator yaitu, pembelajaran eksplisit, integrasi dalam pembelajaran guru dan kurikulum akademik, melalui proses menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE Tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Untuk menambah pemahaman kami dalam mendalami modul tentang pembelajaran berdiferensiasi, kami juga melakukan tatap maya dengan fasilitator dalam ruang kolaborasi yang terbagi atas 2 sesi, yaitu sesi diskusi dan sesi presentasi. Pada hari selasa tanggal 28 Februari 2023, Diskusi ruang virtual oleh Ibu Dwi Susilaningsih selaku fasilitator dan memberikan pemantapan tentang modul pembelajaran sosial emosional yang kemudian diskusi kelompok Bersama bu Nurul, Bu Puji, Bu Uci, Pak Eko untuk menganalisis tentang implementasi KSE. Pada hari berikutnya, 1 Maret 2023 kami melakukan presentasi hasil dari diskusi kelompok yang sudah kami kerjakan.

FEELINGS (Perasaan )

Selama mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional yang kami lakukan, banyak sekali perasaan yang timbul dari diri saya, seperti perasaan senang, karena bertambah lagi ilmu terutama bagaimana tentang bagaimana saya mampu mengenali emosi yang sedang dirasakan serta bagaimana saya mampu mengelola emosi tersebut agar tidak melakukan tindakan yang mungkin akan berdampak negatif bagi murid. Selama ini saya merasa, apapun perasaan yang sedang saya rasakan itu tidak akan mempengaruhi diri saya ataupun orang lain dalam pelaksanaan tugas saya sebagai guru. Saya merasa bersyukur sekali sudah sampai tahap ini dimana dari semua modul yang telah saya pelajari di program guru penggerak ini , modul 2.2 inilah yang paling banyak mempengaruhi dan bisa berbagi Bersama dengan rekan sejawat / guru guru lain di sekolah dalam penerapan KSE. Saya dan murid saya menjadi semakin baik dalam berperilaku di sekolah . Rasa saling menghormati satu dengan yang lain juga meningkat saya rasakan. Tentu dengan perubahan perubahan ini ada rasa senang dan bangga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline