Lihat ke Halaman Asli

ROMI INUNG VANIANTO

SD NEGERI DUWET 02 BAKI SUKOHARJO JAWA TENGAH

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Diperbarui: 5 Desember 2022   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Romi Inung Vanianto

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri Duwet 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah.

Selamat bertemu lagi dengan saya Romi Inung Vanianto Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri Duwet 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah, pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

  • Facts( Peristiwa)
  • Feelings ( Perasaan)
  • Findings ( Pembelajaran)
  • Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts (Peristiwa)

Minggu ke 3 bulan November, tanggal 23 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan .

Saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan, saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Tanggal 24 november 2022 diadakan forum diskusi lewat LMS, dsini kita saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat teman lain. Tanggal 26 november 2022 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator saya yaitu Ibu Dwi Susilaningsih tentang Visi Guru Penggerak dengan 3 kelompok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline