Lihat ke Halaman Asli

Romi Diansari

Mahasiswi

Pentingnya Sosialisasi dan Nilai Kemanusiaan dalam Kehidupan

Diperbarui: 8 Juni 2023   01:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosialisasi sangat penting karena dapat mempererat hubungan antar manusia, dapat memperoleh pengetahuan dari suatu masyarakat, dan dapat membentuk kepribadian yang unik. individu bersosialisasi dengan orang lain.

Proses internalisasi nilai dan sosialisasi budaya merupakan proses penyerapan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat, proses belajar menyesuaikan diri dengan keadaan, kondisi dan lingkungan. Setiap individu memiliki karakter yang ditunjukkan secara lahiriah, konsisten dan konsekuen melalui perilakunya.

Melalui proses dan tujuan sosialisasi, seseorang dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya berdasarkan peran dan statusnya masing-masing sesuai dengan budaya masyarakat. Dengan kata lain, individu mempelajari dan mengembangkan pola perilaku sosial dalam proses pendewasaan diri. Kehidupan sosial sangat dibutuhkan bagi remaja. Ini memungkinkan mereka untuk membedakan yang benar dari yang salah dan memungkinkan mereka untuk membentuk opini. Hal ini sangat penting untuk membentuk pola pikir yang baik bagi remaja.

Jadi jika Anda enggan bersosialisasi dan mengenal mereka, Anda akan kesulitan menjalin hubungan. Kemungkinan orang menjauhi Anda karena dianggap kaku dalam pertemanan pun lebih besar. Ketahuilah bahwa berhubungan dengan orang lain itu sangat penting.

Sosialisasi adalah upaya memasukkan nilai-nilai budaya ke dalam diri individu sehingga individu menjadi bagian dari masyarakat. Proses sosialisasi adalah pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman individu dan menerima peran mereka dalam kelompok. Tujuannya adalah untuk hidup jauh lebih lama

tenteram dan juga aman dari ancaman atau hal-hal buruk semacamnya yang dapat merusak kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai kemanusiaan dan sosial harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada manusia yang hidup bermasyarakat.

Nilai kemanusiaan adalah nilai yang menyangkut harkat dan martabat manusia. Manusia merupakan makhluk tertinggi di antara makhluk Tuhan sehingga nilai-nilai kemanusiaan tersebut mencerminkan kedudukan manusia sebagai makhluk tertinggi di antara makhluk lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline