Lihat ke Halaman Asli

Avring Goffman

Diperbarui: 11 Oktober 2022   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

lahir pada 11 Juni 1922, di Alberta, Kanada; Gelar S1 dari Universitas Toronto. mendapatkan gelar doktor dari University of Chicago. Ia juga dikenal sebagai etnometodologi karena mengkaji secara cermat tokoh-tokoh antropologis.

The Presentation of The Self in Everyday Life adalah salah satu karya filsafat terbesarnya (1959)

Dia meninggal pada tahun 1982 di masa jayanya sebagai ikon sosiologis dan kemudian diangkat menjadi profesor di Departemen Sosiologi Universitas California Barkley dan Ketua Ivy League University of Pennsylvania.

Goffman menarik perhatian pada isu-isu interaksi manusia. yang menggabungkan simbol dan makna, dan di mana hubungan antara diri dan dalam situasi interaksi, yang lain menerima jumlah perhatian yang sama.

Interaksionisme simbolik Erving Goffman selalu mengacu pada ide-ide manajemen kesan, jarak peran, dan penyesuaian sekunder, yang semuanya didasarkan pada gagasan tentang peran diri dan orang lain sebelumnya. Selain itu, Goffman menekankan masalah interaksi tatap muka, khususnya hubungan tatap muka yang membentuk teknik dasar mikrososiologis dalam analisis sosiologis.

Yang disebut dengan dramaturgi adalah inti dari ajaran Goffman. Dramaturgi Goffman yang dimaksud menggunakan peristiwa dramatis yang tampaknya terjadi di atas panggung sebagai contoh untuk menjelaskan bagaimana orang berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Goffman menggunakan narasi terencana untuk menggunakan panggung teater untuk membahas peran orang-orang yang berinteraksi dan berhubungan dengan realitas sosial.

Backstage (di belakang panggung) adalah lokasi di mana "kru", masyarakat tersembunyi yang mengontrol pementasan setiap aktor, berjalan di belakang panggung skrip dalam bahasa Inggris atau bahasa lain. Ini adalah penggambaran asli aktor dari peran tersebut. Porsi pertunjukan yang efektif ada di panggung depan, menggambarkan keadaan saksi pertunjukan. Ada dua bagian di panggung depan. pengaturan adegan fisik yang diperlukan bagi pemain untuk Mainkan dan gunakan front pribadi untuk berbagai alat, sebagai ekspresi emosi aktor.

Dua komponen front pribadi adalah penampilan berbagai item, yang memperkenalkan aktor status sosial, dan gaya, yang mengidentifikasi jenis peran yang dimainkan aktor. Ini adalah panggung depan aktor, jadi berikan semuanya dalam beberapa pengaturan dan bahasa lainnya.

Menurut Goffman, dramaturgi dilakukan oleh seluruh individu tanpa terkecuali dengan motif atau tujuan tertentu. Dalam melakukan dramaturgi, khususnya ketika berada di front stage akan ada hal-hal pendukung seperti tindakan, gaya, dan semacamnya yang dilakukan individu guna mendukungnya dalam membangun citra yang telah ia inginkan. hal tersebut itu dapat berbentuk tindakan yang spontan (we give on) atau hal yang telah dipersiapkan oleh sang individu (we give off) seperti gaya, manner, dan semacamnya. Namun, menurut Goffman ada beberapa hal di luar kendali individu yang kemudian membuat dramaturgi atau proses mencitrakan diri menjadi tidak berhasil sepenuhnya atau tidak mencapai tujuan yang sebenarnya, misalnya penggambaran karakter yang individu tersebut mainkan, apresiasi dari lawan interaksi yang tidak sesuai dengan harapan sang individu, hingga memainkan peran pada momentum yang tidak sesuai.

Selain itu, sesuai dengan Goffman, jarak peran atau jarak peran akan terbentuk setelah seseorang mencapai citra yang diinginkan di mana citra tersebut telah diikat. Seorang individu hanya akan memainkan peran yang terkait dan berbeda dari citra awalnya dalam fenomena ini. Menurut Goffman, orang dengan peringkat sosial tinggi cenderung lebih sering memisahkan diri dari peran mereka. Ini karena dia dikelilingi oleh orang-orang yang lebih cenderung menilai dan menghargainya, yang mencegahnya bertindak atau terlihat seperti seseorang dari tingkat sosial yang lebih rendah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline