Lihat ke Halaman Asli

Tika Andira

作家 / Content Writer

Mampu Ciptakan 126 Game di Event Global Game Jam, Talenta Kreatif Indonesia dapat Apresiasi Menparekraf

Diperbarui: 8 Februari 2024   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber foto: Siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/www.kemenparekraf.go.id) 

Perkembangan dunia digital yang signifikan dari tahun ke tahun juga berdampak pada perkembangan dunia game di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tidak hanya banyak generasi muda Indonesia yang tertarik menjadi Gamers, namun bagi pecinta game sekaligus menyukai dunia IT dan tentunya punya banyak ide kreatif, mereka tak sedikit yang terjun langsung untuk menciptakan game-game yang menarik, mengasah otak, penuh tantangan dan butuh strategi problem solving

Berbagai event-event yang mewadahi pembuatan dan pengembangan game skala nasional dan internasional pun semakin banyak tersedia dan dapat diikuti, sebagaimana yang baru-baru ini selesai terselenggara yaitu, event internasional "Global Game Jam" yang diadakan serentak di berbagai belahan dunia dari 22-28 Januari 2024.

Global Game Jam sendiri sebagaimana dilansir website resminya, www.globalgamejam.org, merupakan sebuah non-profit korporasi internasional yang berpusat di San Luis Obispo, California, USA.

Dibentuk pada Juli 2008, awal mulanya merupakan sebuah proyek organisasi pengembangan game internasional khusus pendidikan. Kemudian pada tahun 2012, resmi menjadi organisasi non-profit bernama Global Game Jam, Inc.  

Event Global Game Jam pertama kali diadakan pada 30 Januari-1 Februari 2009 dengan 1.650 peserta dari 23 negara. Adapun tema event-nya saat itu yaitu, "As Long as We Have Each Other, We Will Never Run Out of Problem".

Semenjak saat itu, Global Game Jam telah menjadi event tahunan di berbagai belahan dunia. Event tersebut dapat diikuti berbagai kalangan, asalkan memenuhi persyaratan yang diberikan.  

Di Indonesia sendiri, event Global Game Jam tahun 2024 ini, diselenggarakan di 10 kota yaitu: Medan, Batam, Palembang, Bogor, Tanggerang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Malang.

Pada tahun ini, event Global Game Jam untuk negara Indonesia diselenggarakan oleh IGGI (Indie Games Group Indonesia) sebagai pihak  penyelenggara GGJ secara online.

Event tahunan Global Game Jam kali ini pun mendapat dukungan dari Kementerian/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline