Lihat ke Halaman Asli

Rolin Taneo

Pemulung Ilmu

Satu dalam Balutan Budaya

Diperbarui: 18 Mei 2024   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bulan Mei sesuai dengan kalender gerejawi di Gereja Masehi Injili di Timor ditetapkan sebagai Bulan Budaya. 

Karena itu, jangan heran kalau sepanjang bulan Mei, liturgi ibadah didesain sedemikian rupa menggunakan konsep budaya. 

Baik narasi dalam panggilan beribadah, pengakuan dosa, pengakuan iman, atau juga lagu-lagu semuanya dikemas dalam nuansa budaya. 

Jemaat yang datang dalam ibadah juga akan menggunakan pakaian adat. Semuanya bergembira. Orang-orang di NTT merasa bahwa gereja tidak diskriminatif terhadap budaya. 

Penulis pun melihat bahwa penetapan bulan Mei sebagai Bulan Budaya juga bermakna GMIT sadar tentang konteks dimana ia ada dan bersaksi. 

Budaya juga adalah sarana bagi GMIT memberitakan nilai-nilai Kristiani. Ambil contoh, di NTT hampir semua tarian dari suku-sukunya selalu ada dalam lingkaran kebersamaan. 

Tarian kebersamaan itu dalam istilah Orang Timor disebut dengan Bonet. Orang Alor menyebutnya Lego-Lego. Orang Sabu menggunakan istilah Padoa. Orang Rote menyebutnya Kebalai

Umumnya tarian ini membentuk lingkaran untuk serentak menari. Ada pesan dibalik tarian ini yakni  pentingnya merawat persatuan. 

Semua menyatu dalam satu hentakan irama lagu dan tarian. Semua merasa saling memiliki ketika tangan yang satu memegang yang lain dalam lingkaran bersama itu. 

Rasa saling memiliki ini yang penulis dapatkan pada hari ini (18 Mei 2024) ketika bersama 3 orang rekan mengunjungi 2 Rayon di Jemaat Imanuel Oepura (Rayon 5 dan 19) yang bersepakat mengikuti kegiatan Taman Budaya. 

Untuk diketahui bahwa kegiatan ini digagas oleh Panitia Hari Raya Gereja Jemaat Imanuel untuk meningkatkan rasa cinta jemaat akan budayanya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline