Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan Asessmen dan Tes dalam Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 14 November 2022   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan usaha yang dicoba manusia guna menolong mempersiapkan seseorang mewujudkan bermacam kemampuan kemanusiaan. Dalam sebagian pemikiran, Pembelajaran juga dapat dimaknai sebagai usaha memanusiakan manusia. Usaha dalam pembelajaran diperuntukan pada pengembangan kemampuan kemanusiaan. Pembelajaran merupakan aspek terutama untuk masa depan anak. Pembelajaran juga butuh diasah buat meningkatkan suatu hasil pendidikan dengan sebaiknya.

Pembelajaran pada anak usia dini wajib mengaitkan kemampuan anak dalam belajar biar anak bisa belajar dengan optimal. Dalam perihal ini, Pembelajaran dimaksud sebagai usaha sadar yang dicoba secara teratur, terencana serta berkepanjangan lewat jalinan interaksional antara anak didik dengan pendidik guna membimbing serta menolong anak didik meningkatkan bermacam potensinya.

Sebagai sesuatu proses yang terencana serta berkesinambungan, usaha yang dicoba lewat pembelajaran memerlukan aktivitas yang namanya penilaian, serta didalam penilaian tersebut ada konsep asessmen, tes, pengukuran serta lain- lainnya. Berikut ini merupakan uraian pendek tentang gimana perbandingan asessmen serta tes dalam penilaian pendidikan anak usia dini.

Apa sih asessmen itu???

Asessmen ialah aktivitas yang dilaksanakan dalam proses pendidikan. Asessmen dilaksanakan buat memandang proses serta produk hasil belajar. Asessmen menentukan output pendidikan yang dilaksanakan (Uno dan Koni, 2013). Asessmen juga mempunyai sebagian arti;

Menurut Suryana (2013) arti evaluasi asessmen yakni pelaksanaan bermacam metode serta penggunaan bermacam perlengkapan evaluasi buat mendapatkan data sepanjang mana hasil belajar peserta didik maupun pencapaian kompetensi dari rangkaian keahlian peserta didik.

Sebaliknya menurut Morrison (2007) berkata kalau asessmen merupakan proses pengumpulan data tentang pertumbuhan, pendidikan, Kesehatan, sikap, perkembangan akademik, pelayanan kebutuhan anak, serta pencapaian mengambil keputusan pemberian Aksi.

Jadi asessmen itu sendiri yakni sebagai pengukuran hasil maupun data mengenai hasil pendidikan anak. Dari asessmen kita dapat mengenali hasil pendidikan peserta didik yang dimana butuh diperbaiki ataupun butuh ditingkatkan. Sebab anak usia dini masih rentan serta belum mengenali seluruh perihal, sehingga dari itu anak usia dini masih butuh dibimbing serta di bina dengan sebaik- baiknya.

Berikutnya merupakan arti dari tes, kata tes sudah tidak asing lagi bukan? Tes memiliki arti tertentu dalam maknanya.

Menurut Zainal Arifin (2010: 5) berkata kalau tes yakni evaluasi yang dicoba oleh pendidik secara langsung, serta dilakukan tes tersebut dapat berbentuk tes standar yakni tes buat mengenali perkembangan serta pertumbuhan anak, atensi serta bakat, karakter, kecerdasan, dsb. Untuk tes buatan pendidik jelasnya melaksanakan ataupun terbuat sendiri oleh pendidik namun pendidik juga wajib dapat mencermati tes apa yang memang mampu cocok dengan rencana mula ataupun tujuan supaya dapat menciptakan hasil yang optimal.

Sebaliknya menurut Arikunto dan Jabar (2004) berkata kalau tes yakni perlengkapan ataupun prosedur yang digunakan buat mengenali ataupun mengukur sesuatu dengan memakai metode ataupun ketentuan yang sudah ditentukan.

Jadi arti tes yakni sebagai suatu seperangkat tugas yang telah direncanakan yang dimana berperan buat mendapatkan data pertumbuhan pada peserta didik.

Bisa kita tarik kesimpulan dari uraian diatas bahwasanya perbandingan yang jelas antara asessmen serta tes yakni, asessmen itu bagian dari penilaian serta sebaliknya tes itu bagian dari asessmen ataupun dapat diucap dengan alat penilaiannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline