Strategi bisa diartikan sebagi cara atau langkah untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan strategi dalam pembelajaran adalah carayang akan dipilih dan digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi sehingga akan memudahkan peserta didik menerima danmemahami materi, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai diakhir kegiatan belajar.
Dalam strategi pembelajaran setidaknya harus mengandung penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran. Dapat dikatakan juga strategi pembelajaran memiliki arti yang lebih luas dari metode dan teknik.
Guru dalam memilih strategi pembelajaran setidaknya relevan dengan materi pembelajaran. Dalam menggunakan metode atau teknik haruslah berpedoman pada tujuan yang akan dicapai dari pembelajaran itu sendiri. Dapat dikatakan pula strategi, metode atau teknik pembelajaran merupakan sebagai inti dalam pembelajaran, karena jika guru dalam pembelajaran tidak menggunakan strategi, metode atau teknik sudah barang tentu pembelajaran yang berlangsung terasa hambar. Pembelajaran tersebut tidak akan memunculkan kegiatan timbal balik antara siswa dan guru, dan juga tidak membuat apa yang menjadi tujuan pembelajaran menjadi tercapai.
Startegi atau metode pembelajaran yang bisa dipilih oleh guru pun beragam. Strategi atau metode tersebut seperti strategi kreatif produktif yang mengedepankan kekreatifan siswa, terdapat pula strategi Quantum learning yang memadukan unsur seni dan pencapaian yang terarah, untuk segala mata pelajaran. Untuk metodepun sangatlah beragam, terdapat metode ceramah yang paling familiar. Terdapat metode lainnya yang dapat digunakan guru seperti metode demonstrasi, simulasi, kerja sama, atau karyawisata.
Kesemuanya strategi dan metode yang ada, dapat dipilih dan dipadupadankan oleh setiap guru. Namun yang pasti dalam memilih strategi pebelajaran guru harus bisa menyesuaikan dengan materi dan kemampuan para siswa, agar apa yang menjadi tujuan dari pembelajaran itu sendiri dapat tercapai secara maksimal.
Dari keseluruhan strategi yang ada, masing-masing pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun semua itu kembali pada kekreatifan guru dalam memilih dan mengembangkannya, tapi yang pasti strategi yang dipilih haruslah tidak melenceng dari materi yang akan dibahas, sehingga akan semakin mempermudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.