Lihat ke Halaman Asli

Rokhaitul Jannah

Sekretaris Umum HMI Komisariat FITK Korkom Walisongo Semarang

Rindu dan Cinta: Eksplorasi Keberadaan dan Kesalahannya Menurut Imam Al-Ghazali

Diperbarui: 15 April 2024   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rindu dan Cinta

RINDU DAN CINTA

Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali (wafat 505 H) dalam kitabnya memberikan definisi bahwa rindu adalah konsekuensi dari adanya mahabbah (cinta) terhadap suatu objek. Dengan cinta, rindu akan datang dengan sendirinya. Rindu sendiri merupakan sesuatu yang sifatnya emosional tinggi untuk bisa bertemu dengan orang yang dirindukan. Selain sebagai konsekuensi dari adanya cinta, rindu juga merupakan suara perasaan yang siapa pun akan merasakannya. Oleh karenanya, cinta dan rindu tidak bisa dipisahkan dan tidak bisa diingkari keberadaannya.

Imam Al-Ghazali juga mengatakan:

اعْلَمْ أَنَّ مَنْ أَنْكَرَ حَقِيْقَةَ الْمَحَبَّةِ فَلَا بُدَّ أَنْ يُنْكِرَ حَقِيْقَةَ الشَّوْقِ إِذْ لَا يُتَصَوَّرُ الشَّوْقُ إِلَّا إِلَى مَحْبُوْبٍ

Artinya, "Ketahuilah! Sungguh orang-orang yang mengingkari esensi cinta, maka juga seharusnya ingkar pada esensi rindu. Sebab, rindu tidak bisa tergambar kecuali pada orang yang dicinta." (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Ma'rifah, cetakan ketiga: 1998], juz IV, halaman 322).

KESALAHAN RINDU

Terdapat satu quotes yang mengatakan bahwa "Rindu Adalah Salah Satu Pintu Menuju Rasa Cinta." Quotes ini mengandung arti yang sangat salah besar. Jika kita ambil dari penjelasan Imam Al-Ghazali diatas tentang rindu adalah konsekuensi dari adanya cinta, maka dapat disimpulkan bahwa seseorang akan merasakan kerinduan setelah ia merasakan cinta. Bukan justru sebaliknya seperti yang disebutkan dalam quotes setelahnya.

Banyak orang yang mudah sekali mengatakan tentang "Rindu." Rindu adalah keinginan untuk bertemu kekasih bagi remaja yang sedang dimabuk cinta. Rindu adalah keinginan untuk bersua dengan orang tua bagi mereka yang merantau jauh dari tempat tinggal asal. Dalam KBBI pun dijelaskan makna "Rindu" adalah rasa sangat ingin dan berharap terhadap sesuatu. Berharap sangat ingin bertemu dengan seseorang yang dirindukan.

RINDU DAN NIKMATNYA

Kata Dilan "Rindu itu Berat." Tapi yakinlah selain berat rindu itu juga nikmat. Seperti fatwa Abana "Merindukan Itu Berat, Tetapi Juga Nikmat. Barang Siapa Tidak Pernah Mau Menanggung Berat, Jangan Pernah Berharap Nikmat." Jika rindu sudah menjadi sebuah kenikmatan, maka cinta yang berlabuh adalah sebuah kebenaran. Namun jika rindu itu menjadi sebuah rasa yang sangat menyiksa dan menyesakkan dada, maka telah terjadi kesalahan pad perjalanan cinta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline