Lihat ke Halaman Asli

Ida Togatorop (Loved)

a worker, a crafter, a virtuous women, a happy wife, a loving mother, a blessed person and always loved

5 Cara Mudah dan Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas Pakai di Kantor Atau Di Rumah

Diperbarui: 21 Juni 2023   14:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah terpikirkan oleh anda untuk memanfaatkan kembali barang bekas yang sudah tidak terpakai? Mungkin dengan alasan untuk berhemat dan membatasi pengeluaran, ataupun ingin melakukan perubahan dan ikut dalam gerakan peduli lingkungan. Banyak orang yang mengaku peduli terhadap lingkungan tetapi tidak tahu atau tidak yakin bagaimana caranya untuk membuat perbedaan.  Ingin mengurangi sampah yang beredar, ingin berpartisipasi dalam penghijauan global dan menyelematkan bumi tercinta kita ini. Jangan kuatir! Ada beberapa cara mudah, cepat dan kreatif yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk dapat mewujudkannya. Yaitu dengan menggunakan kembali barang-barang bekas disekitar kita dan “menyulapnya” menjadi barang baru dengan manfaat yang berbeda.

Berikut ini adalah tips serta langkah mudah yang dapat kita lakukan di kantor ataupun dirumah dalam rangka pemanfaatan kembali barang bekas:

1. Kertas tidak terpakai menjadi buku saku / notes

Di kantor ataupun dirumah, pastikan kita hanya mencetak (print) dokumen yang penting saja.

Biasakanlah untuk selalu menggunakan kertas-kertas pada kedua sisinya (wajib menggunakan kertas pada sisi depan-dan belakang), untuk fotocopy, cetak, fax dan sebagainya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan kertas-kertas yang sisi lainnya masih kosong adalah dengan membuat kertas tersebut menjadi buku catatan/notes, atau buku saku kecil.

Caranya, potonglah kertas-kertas bekas terpakai tadi sedemikian rupa, gabungkan potongan-potongan tersebut dengan posisi bagian kertas yang masih kosong pada bagaian atas, dan bagian yang sudah terpakai pada bagian bawah, dan jadilah sebuah buku catatan. Mudah dan bermanfaat bukan! Kita juga bisa berkreasi dengan membuat sampul/cover cantik yang sesuai selera agar lebih menarik.

 (kertas bekas - sumber foto: pribadi) 

 

2. Kartu-kartu bekas menjadi plektrum (pick) gitar

Coba periksa dompet anda. Apakah anda punya beberapa beberapa kartu debit/kredit, kartu belanja, kartu sim (sim-card) yang sudah tidak terpakai? Jangan buru-buru dibuang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline