Lihat ke Halaman Asli

Pertolongan Pertama pada Penderita Sesak Nafas

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sesak nafas atau biasa disebut asma adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang tiba-tiba. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan atau adanya peradangan. Pada saat penderita sesak napas dan mengalami serangan sesak napas tiba-tiba maka perlu adanya pertolongan.

Pertolongan pertama kepada seseorang yang tiba-tiba terserang asma tanpa membawa bekal persiapan obat-obatan yang biasa dikonsumsi, berikut ini beberapa cara atau tips untuk membantunya :


  • Carilah tempat yang nyaman dengan udara yang bersih, terbuka dan menyegarkan, bisa dibawa ke tempat tidur atau ruangan yang memungkinkan penderita dapat beristirahat dengan tenang, atau bawa penderita ke tempat yang lapang dan bebas dari kerumunan orang agar tersedia banyak oksigen.
  • Sebisa mungkin hindari penderita dari sumber alergi (alergen) yang mungkin memicu asma, misalnya debu, asap rokok, asap kendaraan, serbuk sari bunga, kutu hewan peliharaan, dll.
  • Rileks dan Tenangkan penderita. Sikap panik malah memperburuk serangan asma. Anjurkan penderita untuk ambil nafas dalam-dalam dan atur irama pernafasan penderita semaksimal mungkin.
  • Tenangkan dan hibur penderita. Hal itu dapat sangat membantu kepulihan penderita walaupun hanya sementara. Jangan banyak bertanya dan mengajak ngobrol penderita, karena biasanya ia sulit berbicara.
  • Bantu penderita untuk duduk dan istirahat, karena penderita lebih nyaman dalam keadaan duduk. Dengan duduk, membuat rongga paru-paru lebih luas, sehingga bisa membantu pernafasan si penderita, atau usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah duduk dengan pundak bersandar pada bantal atau tembok atau apa saja. Jangan sekali-kali diposisikan dalam posisi tidur! Itu dapat memperparah penyakit yang diderita, sebab saluran pernafasannya dapat tersumbat karena posisi tidur yang salah.
  • Longgarkan baju penderita hingga dapat bernafas dengan lancar apalagi jika menggunakan pakaian ketat, segera longgarkan karena penderita membutuhkan pakaian yang nyaman.
  • Pijit pada daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (sekitar 3-5 cm), tepat di daerah ruas antara jempol dan jari telunjuk kaki. Teknik pijitnya harus secara perlahan-lahan.
  • Minum air hangat, Walaupun sedikit, ini berfungsi agar penderita tenang.
  • Jika penderita berhenti bernafas atau kehilangan kesadaran, buka saluran nafasnya dan periksa pernafasan serta peredaran darahnya. Bersiap-siaplah meresusitasi (memberikan nafas bantuan) jika perlu.
  • Hubungi ambulans.

Prinsip dalam melakukan pertolongan pertama adalah:menyelamatkan kehidupan, mencegah keadaan menjadi lebih buruk, dan mempercepat kesembuhan

Demikian beberapa cara atau tips untuk pertolongan pertama pada penderita asma. Sumber dari catatan saat mengikuti penyuluhan tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat dengan pemateri dari Dinkes Kota Cilegon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline