Lihat ke Halaman Asli

Roihan FauziCitra

Saya adalah seorang mahasiswa dari kampus STMKG

Mengapa Langit Berwarna Biru?

Diperbarui: 31 Mei 2023   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.freepik.com

Mengapa langit berwarna biru?Seperti yang kita tau, cahaya matahari yang sampai ke bumi kita berwarna putih, tetapi mengapa langit kita berwarna biru saat siang hari dan berwarna oranye saat terbit dan senja, berikut penjelasannya.

Pada dasarnya cahaya matahari yang datang ke bumi berwarna putih. Sebelum cahaya matahari tersebut sampai ke bumi, mereka akan bertemu dengan atmosfer bumi. Molekul molekul oksigen dan nitrogen pada atmosfer bumi merupakan penghambur radiasi matahari yang kuat, mereka akan menyebarkan cahaya matahari ke segala arah dengan panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, sehingga pada saat siang hari langit akan terlihat biru. Begitu juga ketika sore hari, cahaya matahari akan melalui jalur yang lebih panjang, sehingga cahaya mengalami lebih banyak penghamburan dan akan berubah warna menjadi oranye kemerahan.

Jadi, pada intinya langit akan berwarna biru saat siang hari dan berwarna merah saat sore hari karena terjadi penghamburan cahaya matahari yang dilakukan oleh atmosfer bumi kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline