Lihat ke Halaman Asli

Roihan AchwanNurusofyan

Mahasiswa S-1 Teknik Geodesi

Fantastis! Mahasiswa Undip Buat Peta Fasilitas Umum Desa Sumberagung, Pracimantoro, Wonogiri

Diperbarui: 7 Februari 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Peta kepada Perangkat Desa (Dok. pribadi)

Wonogiri(7/2)- Belum adanya data spasial dan informasi terkait fasilitas umum di desa Sumberagung, Pracimantoro, Wonogiri menjadikan alasan mahasiswa undip membuat peta persebaran fasilitas umum. Peta fasilitas umum ini dibuat untuk memberikan informasi kepada masyrakat mengenai persebaran fasilitas yang ada di desa Sumberagung. 

Penyerahan Peta Kepada Masyarakat (Dok. pribadi)

Kendala lapangan yang ditemukan yaitu susahnya sinyal dibanyak tempat sehingga informasi seperti poster dan peta offline yang diletakkan di beberapa tempat strategis sangat dibutuhkan. Selain poster, peta juga  disajikan dengan  Webgis. Webgis dapat diakses melalui tautan dan barcode yang ada dalam poster dengan perangkat hp maupun laptop. Webgis ini dapat dimasukkan dalam web desa sehingga memberikan kelengkapan informasi spasial bagi desa Sumberagung. 

Tampilan Webgis (Dok. pribadi)

Pembuatan peta ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat pendatang terutama saat terkendala sinyal internet dan tidak dapat menggunakan Google Maps serta pemerintah desa dalam perencanaan pembangunan fasilitas umum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline