Lihat ke Halaman Asli

Risky Rohma

Mahasiswi

Cara Pemulihan Keuangan Saat Kita Terkena Scam

Diperbarui: 23 Januari 2024   06:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://theconversation.com

Kehilangan uang dalam jumlah besar merupakan hal yang sulit untuk ditangani, apalagi uang yang kita punya hilang karena scam.  Sedih dan trauma pasti itu yang di rasakan namun, penting untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan dan segera mencari cara untuk pulih. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali finansial Anda dan memulai dari nol:

1. Terima fakta dan beri diri waktu untuk berduka

Penting untuk merasakan dan menerima emosi yang muncul setelah menjadi korban penipuan. Beri diri Anda waktu untuk berduka dan kemudian fokus pada langkah-langkah berikutnya.

2. Lapor ke pihak berwenang

Segera laporkan penipuan yang Anda alami kepada lembaga yang berwenang, seperti kepolisian atau ombudsman keuangan, agar mereka dapat memulai penyelidikan dan mengambil tindakan yang diperlukan.

3. Evaluasi keuangan Anda

 Periksa kembali keuangan Anda secara menyeluruh. Periksa rekening bank, kartu kredit, dan semua aset lainnya. Identifikasi kerugian yang telah terjadi dan tulis semua detailnya. Hal ini akan membantu Anda dalam proses laporan polisi dan klaim asuransi (jika berlaku).

4. Ubah kebiasaan keuangan Anda

Periksa kembali gaya hidup dan pengeluaran Anda. Evaluasi pengeluaran Anda yang sebelumnya dan cari cara untuk membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Buat anggaran baru yang lebih realistis dan disiplin untuk mengikuti rencana tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline