Lihat ke Halaman Asli

Risky Rohma

Mahasiswi

Opini Rakyat, Sudah Sejahterakah Rakyat Indonesia Selama ini?

Diperbarui: 2 Juli 2023   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Dalam kesejahteraan di negara Indonesia ini masih banyak warga yang belum mendapatkan haknya sebagai warga negara  dengan layak. Masih banyak warga yang tidak mendapatkan pelayanan oleh pemerintah dengan baik.

Apabila kita berbicara tentang hak dalam kesejahteraan rakyat maka kita akan berfikir apakah rakyat indonesia sudah sejahtera ?

Masih banyaknya rakyat Indonesia yang belum mendapatkan pelayanan kesejahteraan yang baik bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:


1. Ketimpangan Ekonomi

 Masih terdapat ketimpangan ekonomi yang cukup signifikan di Indonesia, di mana sebagian kecil masyarakat memiliki akses dan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebagian besar masyarakat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hal ini menyebabkan sebagian besar masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pendidikan, perumahan, dan kesehatan.
 
2. Infrastruktur yang Kurang Memadai

 Infrastruktur yang kurang memadai, seperti jalan raya, jaringan air bersih, dan listrik, membuat akses ke pelayanan kesehatan dan pendidikan menjadi sulit, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan terisolasi.

3. Tidak Meratanya Distribusi Sumber Daya

Distribusi sumber daya masih tidak merata di Indonesia, yang menyebabkan sejumlah daerah masih kekurangan dana dan sumber daya manusia untuk membangun fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.

4. Korupsi

Praktik korupsi di sektor publik masih menjadi masalah besar di Indonesia, yang menyebabkan dana publik tidak dialokasikan dengan efisien dan efektif. Hal ini menyebabkan penggunaan dana tidak tepat sasaran dan dapat menghambat upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesejahteraan bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline