Lihat ke Halaman Asli

Membangun Hubungan yang Baik antara Orangtua dan Anak

Diperbarui: 12 Mei 2023   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Interaksi yang harus dilakukan antara orang tua dalam anak dilingkup keluarga

Surat al-Isra ayat 23-27

Perilaku sosial remaja merupakan masa dimana perkembangan kedewasaan dialami. Pada tahap ini perilaku sosial remaja dapat diamati, seperti bagaimana anak senang menerima ajakan orang lain, bermain dan berinteraksi dengan lingkungan. Umumnya selama ini ada rasa ingin tahu yang tinggi dan mereka akan melakukan apa yang mereka lihat dari orang-orang di atasnya. Sejak saat itu mereka sangat membutuhkan bimbingan para sesepuh agar penyaluran rasa ingin tahunya bisa positif dan tidak malah mengarah ke hal negatif.

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak. Keluarga menjadi dasar pembentukan kepribadian, perilaku, budi pekerti, moral dan pendidikan anak. Keluarga yang ideal adalah keluarga yang mampu menjalankan peran dan tanggung jawab keluarga dengan baik sehingga terwujud kehidupan yang sejahtera. Orang tua yang bisa menjadi menjadi teman bagi anaknya dapat menciptakan interaksi yang baik antara orang tua dan anak, karena dengan cara itu sesma orang keluarga bisa saling memahami seperti halnya seorang anak  diharuskan berbakti kepada orang tua yabg terdapat dalam surat al-isra ayat 23-24 :

23

24

Artinya :

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (23) Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(24)

Dari ayat ini kita dijelaskan bahwasanya kita sebagai anak harus menghormati, menyayangi dan mengasihi orang tua. Mungkin akan ada waktunya Orang tua akan menua, sifat mereka juga akan sedikit menyebalkan tetapi kita sebagai anak harus apa? ya , kita harus merawat orang tua karena mau bagaimanapun mereka nanti, merekalah yang sudah membesarkan kita, mendidik kita. Ketika remaja fase pubertas kita akan timbul dan akan timbul ketidaksukaan terhadap sifat orang tua yang kadang suka mengekang kita, namun namanya kita sebagai anak harus berbakti kepada orang, jangan berkata ah apalagi membentaknya. Semua itu merupakan tugas kita untuk mematuhi aturan orang tua kita, jika orang tua kita salah maka kita ambil perbuataan yang orang tua kita lakukan dengan benar jangan perbuataan yang salah kita ambil. Selalu berdoalah kepada Allah untuk Orang tua sebagaimana mereka merawat kita dari kecil.

Teruslah berbuat baik, baik kepada orang tua maupun orang lain karena hanya Allah yang mampu menilai diri kita. Berbuat baik menciptakan kedamaian dalam hati dan mendapat pahala dari Allah. Bahkan Hanya niat kebaikan akan dinilai pahala oleh Allah karena itu, jangan pernah putus akan namanya kebaikan. Jika ada orang melakukan kejahatan maka, kita bisa balas dengan kebaikan, mungkin dari kebaikan itu akan meluluhkan kejahatan itu. Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati kita seperti dalam surat al-isra ayat 26 :

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline