Lihat ke Halaman Asli

Belajar di Kelase Itu Sesuatu Banget...

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1402757267278022

Alhamdulillah di tengah-tengah kesibukan saya sebagai wali kelas 6 dalam menyelesaikan administrasi kelulusan siswa, saya sempatkan ikut belajar dalam diklat online di Kelase. Saat ini sudah sampai Sesi kedua. Walaupun tidak bisa mengikuti sesuai jadwal tidak apa-apa yang penting dapat pengalaman yang baru dalam mengelola kelas berbasis internet melalui kelase.

Dalam sesi kedua ini, Kelase mengajarkan cara membuat dan mengelola kelas di portal Kelase. Disini guru sebagai admin berwenang untuk mengelola kelas. Misalnya mengelola pertemanan, mengatur tampilan kelas, membuat forum, memberi quiz, dan lain-lain.

Awalnya, program kelas melalui internet ini asing bagi saya. Tapi dengan bimbingan admin dan para peserta lain, sedikit demi sedikit saya bisa mengikuti dan bisa mengelola kelas di Kelase.

Secara umum, program kelas di Kelase ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kelas yang biasa dilakukan di ruang kelas. Dimana antara guru dan murid bertemu di dalam ruang kelas di sekolah. Beberapa kelebihan kelas di Kelase antara lain :

a.Interaksi antara guru dengan murid dalam pembelajaran bersifat privat, jadi lebih aman.

b.Belajar menjadi lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun kita mau.

c.Memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran secara online.

d.Menyajikan pembelajaran yang “beda” sehingga siswa lebih “interest”.

sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.

e.Memudahkan orangtua dalam memantau hasil belajar siswa karena dalam kelas ini tidak hanya guru dan siswa saja, tapi orangtua bisa bergabung.

Demikian sedikit tulisan saya tentang kelas di Kelase beserta kelebihannya. Bersiap-siap mengerjakan tugas di sesi berikutnya.

Semangat....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline