Lihat ke Halaman Asli

Rohmah IntanSafira

seorang pencari ilmu

Pemeliharaan dan Perawatan Alat Permainan Edukatif

Diperbarui: 15 November 2021   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai bertemu lagi dalam artikel kali ini tentang pemeliharaan dan perawatan alat permainan edukatif. Mengingatkan kembali alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang ditujukan untuk memberikan edukatif terhadap anak usia dini dan memberikan rangsangan terhadap beberapa aspek yang harus dikembangkan terhadap anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal atau pendidikan yang paling utama dalam masa pendidikan seseorang. Maka dari itu itu masa depan anak itu tergantung oleh orang tuanya sedangkan masa depan bangsa merupakan bagian dari anak. Seperti yang kita ketahui bahwasanya bermain merupakan sebagian dari dunia anak-anak maka dari itu sebagai orang tua ataupun pendidik kita harus memfasilitasi anak dalam bermain yang memberikan edukasi anak seperti halnya alat permainan edukatif. 

Alat permainan edukatif ini merupakan sarana untuk menjalankan pendidikan an-nur terselenggara dengan lancar sehingga meningkatkan kualitas pendidikan anak tersebut. 

Nah alat permainan edukatif ini merupakan media untuk memberikan pembelajaran terhadap anak, dengan alat permainan belajar akan menjadi lebih menyenangkan dan membuat anak terhindar dari rasa bosan. 

Juga alat permainan edukatif memudahkan guru untuk memberikan pemahaman materi terhadap anak. Maka dari itu pentingnya untuk merawat dan juga memelihara alat permainan edukatif ini agar dapat digunakan dengan baik dan tahan lama. 

Tujuan dalam memelihara alat permainan ini adalah agar menjaga keawetan dan waktu pemakaian alat permainan edukatif ini bertahan lama. 

Selanjutnya untuk menjaga keamanan alat permainan edukatif, dan untuk menjaga efisiensi dan efektivitas alat permainan edukatif dalam penggunaannya. Dari situ juga kita dapat mengembangkan kan aspek tanggung jawab anak agar anak terlatih dan juga tertanamkan rasa tanggung jawab tersebut. 

Untuk menyimpan alat-alat permainan edukatif terdapat beberapa cara diantaranya yang pertama adalah di dalam ruangan atau ketika di sekolah dapat disimpan di dalam kelas, nah cara dalam menyimpannya di dalam kelas atau di dalam ruangan yaitu alat-alat seharusnya disimpan di tempat yang memenuhi syarat tidak lembab cukup ventilasi dan diatur rapi dalam lemari alat atau ralat. 

Cara yang kedua adalah dalam menyimpannya harus memperhatikan jenis-jenis alat tersebut seperti buku kertas dalam lemari atau rak alat peraga lainnya disimpan di tingkat yang sesuai dan juga aman. 

Cara yang ketiga adalah pemelihara and bahan dari kayu dilakukan secara berkala dengan menyemprotkan obat anti serangga atau rayap dicat dipelitur atau di pernis. 

Cara yang kelima adalah memelihara bahan yang terbuat dari plastik dilakukan dengan cara melindunginya dari benda panas atau tempat yang panas dan juga membersihkannya  dengan alat pembersih yang lembut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline