Lihat ke Halaman Asli

Rohmah Hidayati

UIN Raden Mas Said Surakarta

Review Book Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial Karya Muhammad Julijanto S.Ag., M.Ag

Diperbarui: 8 November 2023   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rohmah Hidayati_212111322

Review Book

Judul  : Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Penulis : Muhammad Julijanto S.Ag.,M.Ag.

Di dalam buku ini terutama bagian bab Agama dan Perubahan Sosial mengulas perihal agama merupakan suatu pencerahan dan kesejahteraan dalam hal ini agama mampu membimbing manusia pada puncak kemanusiaan yaitu akhlak atau Budi pekerti yang luhur yang tentunya diatur dalam Al-Qur'an dan hadist , Alquran dapat dipandang sebagai kitab apapun tergantung dari sudut pandangnya, oleh karenanya orang sangat mudah dalam menemukan dalil Al-Qur'an yang menyerukan kasih sayang , kekerasan maupun kesejahteraan,dengan menyakini ajaran agama dan diterapkan dalam keyakinan yang benar untuk itu dapat mencerahkan batin spiritual dan pemikirannya.

Dalam beragama tentunya ada persoalan mengenai perbedaan kepercayaan dalam beragama misalnya munculnya aliran baru yang belum diketahui keabsahannya(aliran sesat) tentunya menjadi keresahan, mengenai hal itu upaya yang perlu dilakukan oleh masyarakat salah satunya meningkatkan kepedulian terhadap kelompok masyarakat marginal baik secara ekonomi akses politik maupun akses dakwah.

Mengenai Masalah politik dalam beragama harus dilandasi nilai nilai religiusitas,sehingga kebijakan-kebijakan publik selalu membawa implikasi kemaslahatan, kesejahteraan dan pemberdayaan untuk mencapai Ridha nya.

Masalah Umat dan Bangsa

Akhlak dan moralitas suatu negara perlu ditingkatkan, karena negara yang kuat adalah negara yang mampu menjunjung tinggi akhlak warga negaranya dan pemimpinnya. Namun, hal ini juga dapat menghindari prinsip-prinsip jahat seperti kecemburuan dan kesombongan, yang diketahui dapat menimbulkan penderitaan dalam masyarakat.

Karena Allah menguji keimanan kita kepada Sang Pencipta melalui permasalahan yang kita hadapi, maka kita umat Islam perlu lebih baik lagi dalam meminta ampun dan petunjuk terbaik dari-Nya melalui doa. Kita juga perlu ingat untuk selalu bersyukur dan mengingat Allah. Permasalahan tersebut antara lain adalah masalah-masalah yang disebutkan di atas, yang mencakup perbedaan keyakinan tentang masyarakat dan agama serta permasalahan kemasyarakatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline