Lihat ke Halaman Asli

Rohendi

gladiator

Jurnal Aksi Nyata Modul 3.1

Diperbarui: 28 Februari 2024   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi rohendi

Aksi Nyata – Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Rohendi_Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kab. Sukabumi

Pada Tugas Aksi Nyata dalam Modul 3.1, yang berfokus pada Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran, menjadi langkah awal dalam mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari. Tugas ini mengharuskan Calon Guru Penggeraknya (CGP) untuk membuat portofolio aksi nyata dengan menggunakan metode refleksi 4P, yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Perubahan.

Dalam tugas ini, saya akan menyajikan rangkuman dan refleksi terhadap langkah-langkah aksi nyata yang telah saya jalani:

  • Peristiwa

Dalam upaya meningkatkan pemahaman warga sekolah terkait pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, saya mengidentifikasi beberapa peristiwa penting. Salah satu peristiwa yang menjadi fokus adalah kenyataan bahwa masih ada guru yang belum memahami perbedaan antara bujukan moral dan dilema etika.

Selain itu, banyak yang belum memahami langkah-langkah yang tepat dalam mengambil keputusan. Beberapa keputusan yang diambil belum selalu tepat. Maka dari itu, saya merencanakan serangkaian langkah aksi nyata untuk mengatasi permasalahan ini.

Langkah-langkah Aksi Nyata

1. Koordinasi dengan Kepala Sekolah: Langkah pertama adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah. Saya menjelaskan bahwa aksi nyata ini sebagai tanggung jawab bawahan terhadap atasan dan untuk meminta dukungan. Hasilnya, saya mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah untuk melaksanakan rangkaian aksi nyata pengambilan keputusan.

2. Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Aksi: Saya menyusun rencana aksi yang baik sebagai langkah awal yang penting. Ini mencakup langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk memastikan keberhasilan kegiatan. Hasilnya adalah tersusunnya rencana aksi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

3. Analisis Kasus Terkini di Sekolah: Untuk memperkuat pemahaman tentang pengambilan keputusan, saya melakukan analisis kasus yang sedang terjadi di sekolah. Hal ini untuk memastikan bahwa pemahaman terkait topik ini menjadi lebih kuat. Hasilnya adalah tersusunnya analisis kasus yang terjadi di sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline