Lihat ke Halaman Asli

ROHEMI

Guru SD Negeri Karangbokong 02 Larangan Brebes

Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas III Semester 1 SD Negeri Karangbokong 02 Kabupaten Brebes

Diperbarui: 7 Desember 2020   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Siswa Kelas Iii Semester 1 Sd Negeri Karangbokong 02 Kabupaten Brebes Tahun 2020/2021

Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik (Asyar, 2011). Dalam melaksanakan pembelajaran guru harus mengelola kelas dengan beragam. Selain itu juga diperlukan media dan model pembelajaran yang mendorong siswa agar ikut berperan aktif dalam belajar. Dengan siswa aktif maka diharapkan hasil belajar akan meningkat.

Hasil belajar merupakan pernyataan kemampuan siswa yang diharapkan dalam menguasai sebagian atau seluruh kompetensi yang harus dimiliki siswa. Salah satu model yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL).

Menurut Sumiati dan Asra (2009: 14), pendekatan pembelajaran kontekstual  (Contextual  Teaching  and  Learning)  adalah  upaya guru untuk membantu siswa memahami relevansi materi pembelajaran yang dipelajarinya itu, dengan cara memberikan kesempatan   kepada   siswa   untuk   mengaplikasikan   apa   yang dipelajari di kelas.

Menerapkan CTL dalam suatu pembelajaran pada prinsipnya sama dengan menciptakan suatu pembelajaran yang menantang daya cipta siswa untuk   menemukan   informasi   baru   dalam   pembelajaran. Di   dalam Depdiknas  (dalam  Nyimas  Aisyah,  2007:  6.13)  disebutkan  bahwa  ada tujuh prinsip pembelajaran CTL, yaitu: (1) Kontruktivisme, (2) Bertanya, (3) Menemukan, (4) Masyarakat belajar,(5) Pemodelan, (6)  Refleksi, dan (7) Penilaian sebenarnya.

Kegiatan pembelajaran dengan model CTL dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran, dan saling bekerja sama, sesuai dengan  karakteristik  siswa kelas  III SD,  yaitu  perkembangan  siswa  yang berlangsung secara holistik, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, lebih suka bergembira  atau  riang,  memiliki  daya  ingat  yang  kuat,  daya  hafal,  dan memorisasi yang baik.

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SDN Karangbokong 02 semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas III Semester 1 SDN Karangbokong 02  dengan kondisi awal hasil belajar tematik  masih rendah.

Jenis penelitian adalah  penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap materi tematik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangbokong 02 telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan dari kondisi awal pra tindakan 65,00 menjadi 67,08 pada siklus I dan 75,83 pada siklus II serta meningkat 84,58 pada siklus III. Persentase pencapaian KKM juga mengalami peningkatan dari kondisi awal pratindakan 33,33% menjadi 62,50% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II, serta meningkat 95,83% pada siklus III.

Dengan demikian Penerapan model pembelajaran CTL dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, bermakna, menyenangkan, siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran, dan saling bekerja sama, sesuai dengan karakteristik siswa kelas III SD dan tentunya akan mengarah pada meningkatnya kemampuan siswa dalam pembelajaran. Melalui kondisi pembelajaran yang seperti ini, maka proses pembelajaran dapat berjalan optimal, siswa dapat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai dan akhirnya siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik yaitu di atas KKM. Oleh karena itu, model pembelajaran CTL dapat meningkatkan pembelajaran pada siswa kelas III SDN Karangbokong 02 tahun pelajaran 2020/2021.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline