Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Siswa Kelas Iii Semester 1 Sd Negeri Karangbokong 02 Kabupaten Brebes Tahun 2020/2021
Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik (Asyar, 2011). Dalam melaksanakan pembelajaran guru harus mengelola kelas dengan beragam. Selain itu juga diperlukan media dan model pembelajaran yang mendorong siswa agar ikut berperan aktif dalam belajar. Dengan siswa aktif maka diharapkan hasil belajar akan meningkat.
Hasil belajar merupakan pernyataan kemampuan siswa yang diharapkan dalam menguasai sebagian atau seluruh kompetensi yang harus dimiliki siswa. Salah satu model yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL).
Menurut Sumiati dan Asra (2009: 14), pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah upaya guru untuk membantu siswa memahami relevansi materi pembelajaran yang dipelajarinya itu, dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaplikasikan apa yang dipelajari di kelas.
Menerapkan CTL dalam suatu pembelajaran pada prinsipnya sama dengan menciptakan suatu pembelajaran yang menantang daya cipta siswa untuk menemukan informasi baru dalam pembelajaran. Di dalam Depdiknas (dalam Nyimas Aisyah, 2007: 6.13) disebutkan bahwa ada tujuh prinsip pembelajaran CTL, yaitu: (1) Kontruktivisme, (2) Bertanya, (3) Menemukan, (4) Masyarakat belajar,(5) Pemodelan, (6) Refleksi, dan (7) Penilaian sebenarnya.
Kegiatan pembelajaran dengan model CTL dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran, dan saling bekerja sama, sesuai dengan karakteristik siswa kelas III SD, yaitu perkembangan siswa yang berlangsung secara holistik, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, lebih suka bergembira atau riang, memiliki daya ingat yang kuat, daya hafal, dan memorisasi yang baik.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SDN Karangbokong 02 semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas III Semester 1 SDN Karangbokong 02 dengan kondisi awal hasil belajar tematik masih rendah.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap materi tematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangbokong 02 telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan dari kondisi awal pra tindakan 65,00 menjadi 67,08 pada siklus I dan 75,83 pada siklus II serta meningkat 84,58 pada siklus III. Persentase pencapaian KKM juga mengalami peningkatan dari kondisi awal pratindakan 33,33% menjadi 62,50% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II, serta meningkat 95,83% pada siklus III.
Dengan demikian Penerapan model pembelajaran CTL dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, bermakna, menyenangkan, siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran, dan saling bekerja sama, sesuai dengan karakteristik siswa kelas III SD dan tentunya akan mengarah pada meningkatnya kemampuan siswa dalam pembelajaran. Melalui kondisi pembelajaran yang seperti ini, maka proses pembelajaran dapat berjalan optimal, siswa dapat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai dan akhirnya siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik yaitu di atas KKM. Oleh karena itu, model pembelajaran CTL dapat meningkatkan pembelajaran pada siswa kelas III SDN Karangbokong 02 tahun pelajaran 2020/2021.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H