Lihat ke Halaman Asli

Hera Nugrahayu Srikandi Pemimpin yang Visioner dan Inovatif

Diperbarui: 18 Juli 2024   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

borneonews.co.id

Pasca kepeminpinan Walikota Fairid Naparin berakhir, Hera Nugrahayu dilantik menjadi Pj Walikota Palangka Raya pada September 2023 tahun lalu. Sebelumnya ia adalah Sekretaris Daerah  Walikota Palangka Raya sejak 2019 samapi tahun 2023.

Hera begitu dirinya dipanggil, banyak menghabiskan karirnya di pemerintahan kota Palangka Raya hingga diangkat menjadi Pj Walikota. Lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri yang sekarang kita kenal dengan IPDN merupakan kelahiran Tanjung Karang, Bandar Lampung dikenal pegawai ASN Kota Palangka Raya yang visioner dan pekerja keras.

Kesuksesan Walikota Fairid Naparin sebagai walikota periode 2018 hingga tahun 2023 tak lepas dari inovasi dan campaur tangan Hera Nugrahayu sebagai Sekretaris Daerah. Hal yang paling nyata adalah kembalinya piala Adipura setelah menunggu 26 tahun.

Selain itu, pelayanan pemerintahan di Kota Palangka Raya makin mudah bagi masyarakat dengan adanya pelayanan berbasis online. Contohnya adalah pelayanan kependudukan pada Dinas Catatan Sipil. Warga tidak lagi antri untuk mengurus administrasi kependudukan tetapi dengan aplikasi, masyarakat tinggal menunggu hasilnya.

Hera Nugrahayu juga memaksimalkan layanan aplikasi SPAN LAPOR, sebagai wadah resmi pengaduan masyarakat kepada pemerintah. Hal ini terbukti dengan banyaknya laporan masyarakat yang diselesaikan dengan penanganan yang cepat.

Pemikiran visioner Hera Nugrahayu sebagai pemimpin wanita pertama di Kota Palangka Raya patut di apresisasi. Dirinya mampu memimpin dengan perkembangan teknologi digital saat ini dan tidak terpaku pada metode konvensional.

Ia juga menggalakkan ekonomi kreatif di Kota Palangka Raya melalui transformasi digital. Pelaku UMKM diajaknya untuk melek digital sehingga bisa bersaing di dunia usaha. Salah satu inovasi yang dilakukannya adalah penggunaan pembayaran dengan metode e-money, dan mempermudah izin usahan untuk UMKM. Dengan adanya legalitas izin usaha maka  akan memudahkan untuk mendapatkan bantuan permodalan.

Hera Nuhrahayu merupakan role model bagi pelayan pemerintah yang inovatif dan pekerja keras. Banyak raihan prestasi ia dapatkan sejak menjadi Sekretaris Daerah, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi.

Tidak hanya sebagai prestasi pribadi tetapi untuk pemerintahan Kota Palangka Raya. Kemajuan pembangunan infrastuktur, pelayanan umum bagi masyarakat telah nyata dirasakan masyarakat Kota Palangka Raya hingga kini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline