Lihat ke Halaman Asli

Rohadatul Aisy A

Mahasiswa PBSI UMS

Peningkatan Kegiatan Literasi & Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar 4

Diperbarui: 26 Maret 2023   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Program Kementrian Kampus Angkatan 4 Tahun 2022 ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk alat ajar yang memungkinkan mahasiswa mendukung pembelajaran di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di berbagai Desa/Kota khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Teringgal), salah satunya adalah SD Negeri Pagak 1 Sumberlawang yang bertempat di Jl. Raya Mondokan, Kebayanan II, Ds. Pagak, Kec. Sumberlawang, Kab. Sragen Prov. Jawa Tengah. 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Agustus 2022 s.d. 2 Desember 2022. Tanggung jawab mahasiswa yang terlibat dalam program ini adalah mendukung sekolah dalam proses pengajaran, membantu mengadaptasi teknologi dan membantu administrasi. Dan mahasiswa dapat berkoordinasi dengan guru pamong saat akan melaksanakan program kerja atau kegiatan apapun di sekolah tersebut, kemudian guru pamong akan memberikan persetujuan atau berkoordinasi dengan kepala sekolah terlebih dahulu.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan empati dan kepekaan sosial siswa terhadap persoalan-persoalan dalam kehidupan orang-orang di sekitarnya. meningkatkan keterampilan berpikir untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang ilmu dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa dari berbagai latar belakang; mengembangkan visi, karakter dan soft skill siswa; Mendorong dan memajukan pembangunan nasional menggunakan mendorong motivasi warga buat berpartisipasi pada pembangunan; dan memperkuat kiprah dan donasi konkret perguruan tinggi dan mahasiswa pada pembangunan nasional.

Analisis Hasil Pelaksanaan Program yang dilaksanakan di SD Negeri Pagak 1 meliputi ;

  • Mengajar
  • Analisis hasil implementasi program Kampus Merdeka Mengajar dalam proses belajar mengajar siswa di SD Negeri Pagak 1 Sumberlawang sesuai dengan pencapaian tujuan program Kampus Merdeka Mengajar dan kondisi yang digalakkan di lingkungan sekolah. siswa untuk empati dan  kepekaan sosial terhadap permasalahan kehidupan sosial di sekitarnya; meningkatkan keterampilan berpikir untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang ilmu dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa dari berbagai latar belakang. Selain itu, rencana aksi dan hasil pelaksanaan aksi sebagian telah dilengkapi dengan rencana semula, yaitu mengajar pelajaran yang berbasis literasi ataupun numerasi harus diberikan game atau ice beraking didalamnya supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Serta memberikan peraturan kepada siswa saat pembelajaran agar siswa tidak ramai atau sebagainya. Di hari senin kami berikan pembelajaran literasi dan numerasi, selasa Tuesday English, rabu jawi, kamis karya, jumat sehat, serta sabtu study khusus.
  •  Membantu Adaptasi Teknologi
  • Analisis hasil penerapan 4 kurikulum kampus 2022 untuk membantu siswa, guru, dan sekolah beradaptasi dengan teknologi. Khususnya SD Negeri Pagak 1 di Sumberlawang telah memanfaatkan teknologi yang tersedia disana, yaitu pemanfaatan LCD Proyektor sebagai media dalam pembelajaran. Serta membiasakan guru untuk menggunakannya agar siswa semangat dalam belajar dan tidak pembelajaran monoton yang hanya dijelaskan melalui buku saja.
  • Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
  • Hasil pelaksanaan program kampus pendidikan Batch 4 tahun 2022 dalam mendukung manajemen sekolah dan guru khususnya di SD Negeri Pagak 1 Sumberlawang yaitu membantu administrasi siswa terutama pada saat pelaksanaan AKM Kelas dan pada saat ANBK, karena pada waktu itu mahasiswalah yang menginput data dan dipandu oleh guru pamong. Serta membantu administrasi sekolah dalam hal laporan dana BOS sekolah, membantu dalam pembuatan bukti transaksi yang dipandu langsung oleh guru yang memegang BOS di sekolah.

Saran perbaikan untuk kedepannya yaitu pelaksana memerlukan kepanitiaan yang matang, perencanaan dan persiapan teknis dan administratif, agar program yang akan dilaksanakan berhasil. Selain itu pemilihan waktu belajar juga menentukan keberhasilan program kampus mengajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline