Lihat ke Halaman Asli

Fungsi-fungsi Sistem Informasi Manajemen

Diperbarui: 13 Mei 2016   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

FUNGSI- FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

  • Secara garis besar fungsi sistem informasi manajemen ada tiga yaitu digunakan untuk mengumpulkan data, menyimpan dan memproses/ mengelola data, dan menyajikan informasi tersebut kepada manajer.
  • Gambar 14.4 Fungsi SIMPengumpulan Data
    Penyajian informasi kepada Manajer
    Penyimpanan dan Penelolahan Data Pengelolahan
  • Mengumpulkan data

Informasi yang dapat dipergunakan oleh suatu organisasi sangat banyak seperti catatan tentang pengawal, informasi tentang pesaing, data penjualan, data akuntansi, informasi tentang konsumen, dan sebagainya. Fungsi pertama dari sistem informasi manajemen adalah menetukan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan dan mengorganisasikannya kedalam ditabase. Ditabaseadalah suatu kumpulan data terintegrasi yang disimpan dalam satu tempat untuk memudahkan mengakses dan memproses data.

Data dapat diperoleh dari sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar organisasi. Biasanya sebagian besar data yang dikumpulkan oleh SIM berasal dari sumber internal seperti catatan perusahaan atau laporan dan informasi yang disusun oleh para manajer. Sumber eksternal berasal dari publikasi perdagangan, pelanggan, dan konsultan.

  • Menyimpan dan Mengelola Data

Sekali dibuat, sebuah database harus disimpan dan diproses/ diolah dalam suatu bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh manajer. Data biasanya disimpan dalam disket atau hard diskkomputer. Data tersebut dapat dimuat oleh komputer untuk memudahkan pengaksesan oleh pemakaiannya.

Data SIM haruslah data terbaru, oleh karena itu database perlu diperbarui. Operasi komputer atau programer dapat memperbarui database secara manual dengan memasukkan disket yang sesuai ke dalam komputer, dan kemudian melakukan perubahan data lama dengan yang baru.

Sistem manajemen Database(SMDB) adalah sebuah program perangkat lunak komputer yang membantu perusahaan untuk mengelola file-file datanya, seperti program-program untuk mengubah informasi yang disimpan dalam file data, menambah informasi baru, dan menghapus informasi yang sudah tidak diperlukan. Perangkat lunak SMDB juga digunakan untuk menyortir dan menggabungkan file-file, memproses data dan mencetak laporan , beberapa program database yang bisa digunakan adalah DBASE.

  • Menyajikan informasi kepada Manajer

Data yang telah diproses harus dimasukkan dalam suatu bentuk yang bermanfaat bagi manajer. Informasi ferbal dapat disajikan dengan formal teks dalam bentuk laporan, garis besar, daftar, artikel, atau buku. Informasi angka dapat disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Program komputer juga dapat menampilkan grafik-grafik angka tersebut. Grafik komputer yang bisa digunakan adalah diagram batang, diagram lingkaran, diagram garis, dan grafik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline