Lihat ke Halaman Asli

Pembaharuan Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran yang Bertujuan

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bagaimanakah pembaharuan strategi, metode dan teknik pembelajaran itu? Strategi pembelajaranadalah rangkaian kegiatan antara guru dan siswa, metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi, teknik pembelajaran adalah cara untuk mengimplementasikan metode. Ketiga hal itu dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Untuk membedakan antara metode pembelajran dan teknik pembelajaran kadang orang merasa sulit, sehingga tidak jarang orang menyamakan antara keduanya. Dari penjelasan sedikit di atas, sudah jelas terlihat antara metode dan teknik memang berbeda. Metode pembelajaran berisi tahapan tertentu yang akan dilakukan, sedangkan teknik pembelajaran merupakan cara yang digunakan. Metode yang dipilih oleh guru bisa saja sama, tetapi tekniknya berbeda.

Metode dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran dan merupakan satu kesatuan sistem dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan strategi, metode dan teknik pembelajaran berrgantung pada pendekatan apa yang digunakan oleh guru untuk mengajar. Dengan kata lain, setiap pendekatan pembelajaran mempunyai strategi, metode dan teknik pembelajaran tersendiri untuk dilaksanakan.

Berkaitan dengan pemaharuan strategi, metode dan teknik pembelajaran, pembaharuan yang dilakukan bersifat fleksibel tergantung pada pendekatan dan kemampuan guru dalam menguasai strategi, metode dan teknik pembelajaran. Pada dasarnya pembaharuan pembelajaran dilakukan karenaadanya tuntutan kebutuhan yang menjadi penentu tercapainya suatu pembelajaran.

Dahulu pendidikan di Indonesia menggunakan pendekatan DDCH ( Duduk, Dengar, Catat dan Hafal) dengan menggunakan metode ceramah atau diskusi. Namun dengan berjalannya waktu, pendekatan DDCH itu dianggap kurang efektif dan kurang sesuai dengan perkembangan jaman yang ada, karena pendekatan DDCH membuat siswa pasif dalam pembelajaran dan akan sulit dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dari itu, muncullah pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang sekarang digunakan. Strategi, metode dan teknik pembelajaran dalam pendekatan ini pembaharuan dari pendekatan yang sebelumnya. Misalnya dengan penggunaan strategi pembelajaran deduktif (umum ke khusus), metode inkuiri, dan teknik pembelajaran dengan observasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline