Lihat ke Halaman Asli

Rofinus D Kaleka

TERVERIFIKASI

Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Apa Dampak Tujuh Film yang Syuting di Pulau Sumba?

Diperbarui: 20 April 2019   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Satu tahun yang lalu, FOCUS Jerman, majalah internasional bergengsi, meluncurkan penghargaan prestisius untuk Sumba, salah satu pulau terselatan Indonesia, sebagai Pulau Terindah di Dunia (Sumba gehrt zu den 33 schnsten Inseln der Welt).

Sebelumnya, dua tahun berturut-turut (2016 dan 2017), Hotel Nihi Watu di Kabupaten Sumba Barat, dinobatkan oleh Majalah Wisata Travel + Leisure, Amerika, dalam ajang internasional "World's Best Travel Awards", sebagai Hotel Terbaik Nomor Satu Dunia.

Pada tahun 2016 juga, Pasola Sumba dinobatkan sebagai Runner-up Atraksi Budaya Terpopuler dalam Ajang Pesona Indonesia.

Penghargaan prestisius berskala dunia di atas adalah bukti nyata pengakuan atas keindahan alam dan keunikan budaya Sumba yang luar biasa. Penghargaan itu tidak datang dengan sendirinya seperti mimpi di siang bolong. Artinya, tentu ada banyak pihak atau imposible hand's yang mempunyai andil atas hadirnya penghargaan itu.

Sebab jauh-jauh hari sebelum adanya penghargaan di atas, sudah tidak terhitung lagi jumlah orang dari luar Sumba, entah wisatawan atau bukan, yang pernah mengunjungi Sumba, yang merasa sangat terkesan dan terkagum-kagum serta terpikat dan jatuh cinta dengan keunikan budaya dan panorama keindahan alam Sumba yang mempesona.

Mereka ini, baik langsung maupun tidak langsung, mempunyai andil besar terhadap penghargaan di atas. Dalam konteks ini, tentu termasuk para pekerja perfilman, yaitu produser, sutradara dan aktor-aktris serta seluruh krunya.

angga-rulianto-ww-jurnalruang-com-5cbb3ea1a8bc1536603a4e54.jpg

Tujuh Film Syuting di Sumba

Selama dua dekade lebih ini, tercatat ada sekitar tujuh film hebat yang mengambil lokasi syuting di Sumba. Catatan ini belum termasuk film-film dokumenter, video klip background lagu-lagu beberapa artis, video-video para youtuber, dan iklan-iklan komersial audio visual.

Ketujuh film tersebut yaitu:

1. Surat untuk Bidadari

Surat untuk Bidadari adalah film drama Indonesia yang digarap oleh sutradara ternama tanah air yaitu Garin Nugroho. Film ini berlatar belakang kehidupan dan budaya Sumba.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline