Lihat ke Halaman Asli

Rofidah Nur F

Mahasiswi PIAUD UIN Malang

"Aku Punya Ide!" Kalimat Terkait Perkembangan Otak Anak

Diperbarui: 11 April 2021   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: m.lifeztyle.id

Perkembangan berorientasi pada pembentukan otak seorang anak

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kata yang sering kita jumpai bergandengan. Namun, tahukah teman-teman? pertumbuhan dan perkembangan ini memiliki makna berbeda loh... 

Pertumbuhan berbicara tentang fisik yang meliputi, berat badan, tinggi badan serta lingkar kepala yang sesuai dengan kurva pertumbuhan. Biasanya, kita dapat mengetahui pertumbuhan pada anak melalui penimbangan rutin setiap satu bulan sekali di Posyandu. Setelah penimbangan dilakukan, kemudian petugas akan mencatat hasilnya pada Kartu Menuju Sehat (KMS), sehingga terlihat kurva pertumbuhan anak tersebut apakah meningkat atau menurun. 

Sedangkan perkembangan berorientasi pada pembentukan otak seorang anak. Kita ketahui sistem saraf dan otak bayi mengalami perkembangan sejak berbentuk janin dalam kandungan. Perkembangan otak ini dapat diketahui dari perkembangan gerak kasar-halus, berbicara dan berbahasa, interaksi sosial dan kecerdasan, serta bayi lahir yang belum bisa apa-apa hingga usia balita yang mulai pandai berlari, melompat dan berkomunikasi.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana perkembangan otak pada tahun pertama kelahiran? Namun, sebelum itu saya akan sedikit bercerita. Sore tadi saya sambat tipis-tipis pada ibu saya, saya mengatakan bahwa saya belum punya ide untuk menulis artikel tentang tema yang sudah saya sebutkan tadi. Lalu saya dikejutkan dengan jawaban ibu saya. "Tumben, biasanya sudah ada ide", awalnya saya hanya tersenyum. "Aku punya ide!, hehehe", tambah ibu. 

Seketika saya teringat pada masa kecil saya. Jadi, saat usia balita secara tiba-tiba saya sering melontarkan kalimat "aku punya ide", entah atas dasar apa kalimat itu terlontar, apakah hanya sekedar mengucap atau memang benar-benar mempunyai sebuah ide yang terlintas di pikiran? saya juga sedikit lupa tentang itu. Namun, yang akan saya kaitkan dengan tema tadi adalah otak anak akan mengalami perkembangan yang pesat pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). 

Baiklah, mari kita mengulik tentang perkembangan otak pada tahun pertama kelahiran. Pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) merupakan tahap yang begitu penting bagi tumbuh kembang anak. Ukuran otak anak bayi newborn adalah 1/4 otak orang dewasa, dan volume otak saat itu sudah mencapai 50% otak orang dewasa, kemudian ketika usia 2 tahun volume otak menjadi 80% otak orang dewasa. Dapat dipastikan pada 1000 HPK ini otak mengalami percepatan dalam perkembangannya. Oleh karena itu, dibutuhkan nutrisi yang cukup serta lingkungan yan sesuai/ ideal. Pada masa ini pula terdapat beberapa hal yang rentan terjadi, antara lain:

  • Kekurangan nutrisi, baik pada ibu hamil, bayi, dan balita.
  • Infeksi yang terjadi pada saat hamil ataupun bayi hingga balita.
  • Kebiasaan buruk ibu hamil, seperti rokok dan narkoba.
  • Stress pada ibu hamil.
  • Penyakit yang dialami ibu saat masa kehamilan, seperti hipertensi, diabetes, asma, dll
  • Masalah dalam proses persalinan.
  • Kelahiran prematur.
  • Kelainan bawaan.

Adapun yang terjadi pada 1000 HPK, yakni:

1. Masa kehamilan
Pada masa kehamilan ini terjadi sebagian besar perkembangan otak yang diawalai dari masa pembuahan sel telur oleh sel sperma. Pada masa ini pula berlangsung pembentukan saraf tulang belakang, otak besar, otak kecil, serta pembagian otak kanan dan kiri, pembentukan wajah, peningkatan jumlah sel saraf dan perkembangan fungsinya, penempatan sel saraf di otak sesuai dengan fungsinya, pembentukkan sinaps dan mielin, serta koneksi antar sel saraf. 

2. Setelah lahir hingga usia 2 tahun
Setelah bayi lahir yang terjadi masih sama, yaitu pembentukan sinaps, mielin, dan koneksi antar sel saraf. Namun, selain itu juga terjadi kematian sel saraf yang tidak terpakai. Proses-proses tersebut berlangsung begitu cepat, pastinya memerlukan nutrisi serta stimulasi dan lingkungan yang optimal. Proses tersebut dapat dilihat dari bertambahnya volume otak sejak lahir, yaitu 30%. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline