Lihat ke Halaman Asli

Pemerintah Desa Argosari Gelar Pawai Ta'aruf Sambut Bulan Muharram 1445 H

Diperbarui: 17 September 2023   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Desa Argosari bersama PR IPNU IPPNU Argosari (Sumber foto: Dokumen Pribadi)

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim selain bulan Ramadhan. Mengapa demikian? Karena pada bulan ini umat muslim di seluruh dunia merayakan pergantian tahun dalam kalender islam yang didasarkan pada perputaran peredaran bulan.

Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang merupakan salah satu desa yang turut merayakan pergantian tahun baru islam ini. Pemerintah desa mengadakan Pawai Ta'aruf dan mengajak seluruh warga Desa Argosari untuk berpartisipasi, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa.

Kegiatan yang dimulai ba'da magrib ini terlaksana pada Selasa, 18 Juli 2023.  Rute perjalanan dimulai dari jalan utama dusun Gentong dan berakhir di Balai Desa Argosari. Pawai ini juga diramaikan oleh mahasiswa KKN Persemakmuran ex-IAIN Sunan Ampel Kelompok 9 dan 13 yang saat itu sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.

Mahasiswa KKN sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka bertugas menjadi pemegang bendera di barisan depan. Drumben PR IPNU IPPNU Argosari juga turut meramaikan kegiatan ini, mereka berbaris di belakang barisan pemegang bendera. Seluruh warga menikmati perjalanan meskipun harus mengelilingi sebagian desa Argosari dengan berjalan kaki.

Salah satu hal yang menarik perhatian dari Pawai Ta'aruf ini adalah adanya gunungan yang berisi sayur mayur dan jajanan. Setelah sampai di titik pemberhentian yang terletak di balai desa, gunungan yang awalnya berisi berbagai aneka makanan dan sayuran langsung digrebek oleh warga hingga tak tersisa. Ada pula warga yang membawa miniatur keris besar yang dipajang di atas mobil pick up.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline