Lihat ke Halaman Asli

Patjar Merah Goes to Surabaya, Surga Pecinta Buku

Diperbarui: 17 November 2022   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Instagram @patjarmerah_id

Asyik ya kalo ngobrol sama orang yang sama-sama suka baca buku, meskipun saya masih pemula banget hehehe. Salah satunya adalah bisa dapet info tentang Patjar Merah. Apa itu Patjar Merah? Patjar Merah merupakan festival kecil literasi dan pasar buku keliling Nusantara.

Pas banget waktu saya bertemu salah satu senior beliau berbagi cerita bahwa terdapat event Patjar Merah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus dan bisa dijangkau transportasi umum. Ya, karena saat ini saya mengenyam pendidikan di Surabaya, tepatnya di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Patjar Merah hadir di Surabaya mulai tanggal 29 Oktober sampai 6 November 2022, berlokasi di Xperia Collaborative Space (AJBS), Jl. Ratna No. 14, Ngagel, Wonokromo, Surabaya. Deket banget kan? Sayang dong kalo nggak mampir ke sana. By the way, rada telat juga ya nulis cerita pengalaman ini, tapi daripada nggak sama sekali hehehe.

Bersama dua orang teman yang book addicted saya berangkat ke lokasi Patjar Merah. Kami menyeberang JPO terlebih dahulu untuk menjangkau Halte Ubhara, setelah itu kami menaiki Bus Suroboyo, turun di Terminal Intermoda Joyoboyo. Lalu kami menaiki lyn dengan kode M yang melewati Jalan Darmokali dan turun di sekitar Transmart Ngagel.

Belum sampai tempatnya? Iya, memang belum. Kami harus berjalan kaki, Alhamdulillah-nya tidak terlalu jauh. Sesampainya disana kami tidak langsung menemukan lokasinya, kebetulan saat itu ada mbak-mbak yang terlihat kebingungan. Ternyata mereka juga mencari lokasi Patjar Merah, akhirnya kami memutuskan untuk mencari bersama.

Kami memasuki ruangan semacam rumah makan terlebih dahulu sebelum berhasil menemukan lokasi yang kami tuju. Sesampainya di sana, kami harus scan barcode aplikasi Peduli Lindungi dan cek suhu badan terlebih dahulu. 

Setelah itu mata kami langsung terbelalak menyaksikan buku-buku yang tertata rapi sesuai genrenya. Yang membuat lebih bahagia adalah harga bukunya yang terjangkau, banyak buku diskon hingga 80%. Surga pecinta buku. Eittss, tak lupa kami mengambil dokumentasi disana.

Foto bersama Dita dan Refi di banner utama patjar merah/dokpri

Kami berkeliling melihat buku-buku yang ditawarkan sembari melihat label harganya hehehe. Genre bukunya beragam, mulai dari fiksi, self development, bisnis, filsafat, dan lain-lain. Kami menjelajahi buku-buku fiksi terlebih dahulu sebelum menjelajah ke genre-genre buku lainnya, mata kami terbeliak melihat harga buku yang hanya berkisar Rp 5.000 - 10.000. Jadilah beberapa buku masuk ke dalam troli belanja kami.

Suasana event patjar merah Surabaya/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline