Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Ramdhani

Freelance writer

Meningkatkan Keefektifan Pelayanan BK Klasikal Melalui Asesmen PTSDL

Diperbarui: 3 Januari 2024   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : pendidikan.infoasn.id

Pendahuluan

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di kelas XI, terutama pada fase F, telah menorehkan pencapaian layanan yang menonjol, terutama terkait dengan kemampuan siswa dalam mengatur waktu. Fokus dari pelayanan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengelola waktu siswa, sebagai suatu hal yang krusial. Materi pelayanan tersebut memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan mengelola waktu dengan baik.

Asesmen PTSDL

Dalam menjalankan misi ini, digunakanlah alat penilaian yang dikenal sebagai AUM-PTSDL. Asesmen ini diwujudkan dalam bentuk soal tertulis yang merangkum beberapa aspek, seperti keadaan pribadi, lingkungan sosial, keterampilan belajar, dan penguasaan materi. PTSDL diharapkan dapat memberikan gambaran holistik tentang kemajuan siswa dalam mengelola waktu dan memberikan pemahaman mendalam tentang keadaan siswa.

Kesesuaian dengan Tahapan Perkembangan Peserta Didik

Bagian yang menyoroti keadaan diri pribadi dalam asesmen PTSDL menjadi cerminan terhadap tahapan perkembangan peserta didik. Ini menjadi landasan bagi para guru BK untuk memahami kondisi individu siswa dan menyelaraskan pelayanan dengan tingkat perkembangan yang sedang mereka alami.

Pertimbangan Lingkungan Budaya dan Karakteristik Peserta Didik

Aspek lingkungan sosial dalam asesmen juga mencakup elemen-elemen budaya dan karakteristik peserta didik. Menyadari pentingnya lingkungan budaya dan karakteristik ini sebagai faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam mengelola waktu, bagian personal dalam asesmen juga mempertimbangkan aspek tersebut.

Kesesuaian dengan Kemampuan Peserta Didik

Bagian keterampilan belajar dalam PTSDL menjadi penunjuk kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Inilah yang membantu guru BK untuk menyusun pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, serta memberikan dukungan dalam pengembangan keterampilan mengelola waktu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline