Lihat ke Halaman Asli

Rodame Napitupulu

Dosen UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

[Ber-Avanza Ria] Berjuta Rasa Berjuta Kenangan

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13889044961489695443

Namaku Rodame, sejak menikah tahun 2011, ini pertama kalinya kami pulang kampung dan untuk pertama kali pula anak kami Alimikal datang ke kampung halaman ibunya untuk bertemu dengan nenek dan kakeknya. Pulang kampung kali ini memang akan memakan waktu yang lama, kami harus naik pesawat dari Jakarta ke Padang, lalu harus naik mobil dari Padang menuju Padangsidimpuan. Sebulan tinggal di rumah mertua, kami pun pergi mengunjungi kedua orangtuaku di Pematangsiantar. Sungguh perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan karena cucu pertama mereka akan datang menemui nenek dan kakeknya.

1388904599739443813

Setibanya di Pematangsiantar, sebuah mobil sudah terparkir dengan manis di garasi. Bapak memang membeli mobil itu karena suka dengan exterior dan interiornya plus harapan Bapak bisa berjalan-jalan dengan keluarga dan bisa bersilaturahim ke rumah sanak saudara. Bapak telah melakukan keputusan yang tepat membeli Toyota AVANZA. Hampir setiap acara keluarga yang jaraknya agak jauh, Bapak dan Ibu selalu mengundang sanak saudara untuk berangkat dari rumah dan menggunakan mobil AVANZA itu.

Bapak dan Ibu sangat senang bisa memanfaatkan mobil AVANZA itu untuk berbagi dan bersilaturahim dengan teman-teman dan handai tolan. Mobil AVANZA Bapak memang begitu terawat, masih terlihat baru meski sudah beberapa tahun, mungkin karena Bapak sangat sayang dan selalu memperhatikan keadaannya yang selalu berjasa dalam menyelesaikan segala hal. Setelah seminggu di rumah, tercetus ide Bapak untuk mengajak sekeluarga untuk pergi ke rumah nenekku di Lumban Julu atau sekitar 3,5 jam dari Pematangsiantar. Ternyata Bapak memang sudah lama mengidam-idamkan perjalanan dan wisata ke Danau Toba ini. Kami tentu menyambutnya dengan senang hati karena sebagai anak rantau aku sudah lama tidak melihat nenek di kampung, apalagi sudah hampir 3 tahun aku tidak bertemu nenek sampai sekarang aku punya seorang anak, ini untuk pertama kalinya setelah aku menikah membawa cicitnya ke rumah sekaligus sudah lama juga tidak ke Danau Toba, mungkin sudah hampir 20 tahun tidak ke Danau Toba. Karenanya ketika Bapak mengajak untuk mampir ke Danau Toba sebelum ke rumah nenek, rasanya kaget tapi senang campur haru. Kami tersentak, diam sesaat lalu serentak berteriak "horeeee...jalan-jalan, main air". Aku, suami dan anakku, iparku, anaknya yang berumur 5 bulan dan adik perempuannya, ditambah Bapak dan Ibu, total kami berjumlah 8 orang yang akan berangkat mengendarai mobil AVANZA. Kira-kira cukup ga ya....

1388902491206759846

Bapak sibuk menyiapkan mobil AVANZAnya dan ibu sibuk mempersiapkan perbekalan selama di perjalanan hingga perlengkapan pakaian ganti untuk main air di Danau Toba. Mobil bersih, ban ganti aman, semua perlengkapan kendaraan sudah disiapkan. Semua sudah dicek dan dipersiapkan menuju perjalanan yang tak terlupakan ke Danau Toba, perjalanan pertama anakku, pertemuan pertama keluarga kecilku dengan nenekku di Lumban Julu.

13889027171273701244

Keesokan harinya, kami sudah siap berangkat, perlengkapan dan persiapan piknik di Danau Toba sudah dimasukkan ke bagasi belakang mobil AVANZA, bawaannya cukup banyak mulai dari tas piknik berisi makanan untuk berenam orang, tas ganti berisi pakaian, cemilan untuk di jalan, dan semuanya cukup dan bahkan bisa tertata dengan rapih di dalam bagasi mobil AVANZA.

13889030131955032792

Aku, suami dan anakku yang berumur 1 tahun duduk di baris belakang, rasanya lapang sekali dan nyaman karena di setiap kursi ada sandaran untuk kepalanya, dan kaki tidak sakit karena tidak terjepit, kami bahkan masih bisa selonjoran. Ibu dan adik perempuan dari iparku duduk di baris tengah, mereka juga sangat nyaman duduknya karena memang mobil AVANZA didesain sedemikian rupa untuk kenyamanan keluarga. 

13889031071938993570

Jadi berdelapan pun masih saja terasa lapang, nyaman sekali. Supaya mudah saat akan mengambil minuman, kami meletakkan minuman dekat dengan kami persis di sebelah kursi duduk kami masing-masing.

13889035531599703012

Terkadang di perjalanan itu kita dibuat haus, jadi penting sekali ada tempat meletakkan botol minuman yang dekat dengan kita. Seperti yang tersedia pada mobil AVANZA ini. Benar-benar memudahkan sekali. Sementara Bapak menyupir dan duduk di sebelahnya iparku dengan anaknya yang berusia 5 bulan Hanna.

1388903294339311607

Kenyamanan itu ditambah lagi dengan sistem keamanan yang tersedia di dalam mobil AVANZA, segala kemungkinan bisa terjadi saat di perjalanan tapi Avanza memberikan rasa aman saat berkendara terutama di bagian driving dengan air bags, ini sangat penting lho... Buat yang penasaran ingin tau lebih banyak tentang si keren mobil keluarga AVANZA, yuk langsung kunjungi website-nya di http://www.toyota.astra.co.id/product/avanza/. Biar lebih puas dapat informasinya :)

Berhubung sudah lama tidak pulang kampung, jadi sepanjang jalan aku dan suami sibuk melihat-lihat sekitar. Perjalanan sudah memasuki belokan-belokan, nah ini salah satu pertanda kita sudah di tengah perjalanan menuju Danau Toba, sebentar lagi akan melihat keindahan Danau Toba. Meski ada dua balita di dalam mobil AVANZA, meski jalan juga berbelok-belok, kami tidak sedikitpun  merasa mual, semua duduk tenang dan nyaman sambil bersenda gurau dan mendengarkan lagu. Di tengah-tengah obrolan, iparku tiba-tiba membuat video perjalanan kami menuju Danau Toba dengan handphone-nya, sambil mengajak Bapak dan Ibu bernyanyi lagu Batak. Maklum kami semua berdarah Batak, dan kebetulan Ibuku sangat senang bernyanyi jadi hiburan ini memang paling dinanti-nantikan, rasanya sudah lama juga aku tidak mendengar langsung suara Ibu bernyanyi. Sayang sekali tidak bisa memasukkan video perjalanan kami disini, padahal ingin sekali memperlihatkan keseruan dan kegembiraan kami selama ber-AVANZA ria. [caption id="attachment_313822" align="aligncenter" width="448" caption="sumber gambar dari http://parapat.grandinna.com/"]

1388907155453606188

[/caption] Menghirup udara segar, memandang pepohonan yang serba hijau, bermain sepeda air, wah pokoknya nikmat sekali perjalanan kali itu. Semua bahagia, semua senang. Meski hanya singgah beberapa jam saja di Danau Toba, perjalanan terasa tidak membosankan dan yang terpenting adalah mobil AVANZA Bapak telah berhasil membuat semuanya aman dan nyaman selama di perjalanan. Berkat AVANZA Black Metallic Bapak, kami jadi terinspirasi untuk  memiliki AVANZA juga. Apalagi ada banyak varian warna yang disediakan, saya sih naksirnya ama AVANZA Champagne Metallic.

13889042381859579082

Semoga saja kelak keluarga kecil kami dan keluarga-keluarga lainnya di Indonesia juga bisa menikmati segala kebersamaan dan momen terindah dengan AVANZA. Kenangan AVANZA ini menjadi kenangan termanis yang tak terlupakan, AVANZA telah memberi warna dalam perjalanan pulang kampung ini. Perjalanan pertama pulang kampungku setelah menikah benar-benar menyimpan berjuta kenangan.
Kemanapun kaki melangkah, Selama ada AVANZA, semua bisa senang, semua aman, semua nyaman. Berjuta kenangan bersama AVANZA tak kan terlupakan. Rasanya saya sudah jatuh cinta pada AVANZA, *maafkan aku ya suamiku, aku menduakanmu... :) Memang "Cuma AVANZA yang bisa"

Terimakasih AVANZA, karenamu pulang kampung terasa indah, perjalanan ke Danau Toba pun jadi tak terlupakan, tiada kenangan manis tanpa AVANZA. Kenangan di hati ya... Kenangan AVANZA. Sumber Referensi dan Gambar: http://www.toyota.astra.co.id/product/avanza/ http://www.kompasiana.com/avanzamoment/gallery

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Kompasiana-Avanza Blog Competition"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline