Lihat ke Halaman Asli

Rodame Napitupulu

Dosen UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Baca Ini Dulu Sebelum Pergi ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14205240242060521950

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga harapan saya bersama anak untuk menikmati Doraemon 100 Secret Gadget Expo di Ancol Mall hari minggu tanggal 04 Januari 2015 kemarin. Saya tak pernah menyangka bisa melihat langsung alat-alat ajaib Doraemon yang selama ini dipakai oleh Doraemon dalam setiap aksinya bersama Nobita, Giant, Suneo dan Shizuka. Di film kartun kesayangan Doraemon biasanya kita selalu diberi kejutan karena 100 benda di dalam kantong Doraemon yang selalu bisa menolong Nobita dalam berbagai hal termasuk dalam meningkatkan kemampuan belajar atau agar Shizuka menyukainya. Beberapa kadang tujuannya sedikit licik ya, hehe.

[caption id="attachment_388865" align="aligncenter" width="448" caption="Saya dengan anak di depan pintu masuk Doraemon 100 Secret Gadget Expo (Dok. Rani)"][/caption]

Saya dan anak berangkat dari Bogor pukul 08.49 WIB menggunakan kereta api Commuter line. Turun di stasion kota dan kemudian masih harus menyambung naik mikrolet khusus jurusan ancol. Meski pagi itu kami tiba disuguhi air yang meluap di depan pintu masuk Ancol, kami menembusnya dengan harapan setelah melihat Doraemon 100 Secret Gadget Expo di Ancol Mall semuanya akan terbayar.

Syukurlah ada bus wara-wiri yang sedang menunggu setelah kami sukses membeli tiket masuk Ancol. Jadi tak perlu menunggu lama, kami langsung duduk dan siap diantarkan menuju lokasi Doraemon 100 Secret Gadget Expo. Kami berganti bus ke arah pantai timur, tak lama kemudian kami pun sampai di depan Ancol Mall dimana Doraemon 100 Secret Gadget Expo digelar. Sepanjang jalan sudah ada banner bergambar Doraemon dan Dorami (adik Doraemon si kucing robot berwarna kuning). Naik ke lantai 2, segera kami masuk dalam dunia Doraemon, karena di depan sudah ada tempat pembelian tiket dan gambar Doraemon dan Dorami yang menyambut para pengunjung. Alhamdulillah saya dapat tiket gratis dari Kompasiana, anak saya yang berusia 2 tahun 5 bulan pun gratis masuknya, jadi saya tidak mengeluarkan uang untuk pembelian tiket masuk Doraemon 100 Secret Gadget Expo kali ini. Jika ingin membeli tiket pengunjung harus mengeluarkan Rp 99.000,- untuk 13 tahun ke atas dan Rp 55.000,- untuk anak berusia 5-12 tahun.

[caption id="attachment_388877" align="aligncenter" width="448" caption="Tiket setelah masuk ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo (Dok.Rodame)"]

1420524913706338208

[/caption]

Anak saya tak henti-hentinya berlari kesana-kemari sambil ber-humming lagu Doraemon yang biasa diputar di film-film layar lebarnya Doraemon.

mo mo mo mouuuu”, begitulah  cara anak saya mengucapkan Doraemon. Lucu sekali memang sangat jauh dari kata yang sesungguhnya tapi saya bisa melihat betapa senang dan gembiranya dia melihat begitu banyak pajangan dan gambar Doraemon dimana-mana. Hari dimana saya berangkat itu adalah hari terakhir libur anak sekolah sehingga wajar saja kalau suasananya ramai dan cukup banyak orangtua bersama anak yang berkunjung. Sebelum masuk ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo, kita disuguhi berbagai souvenir ala Doraemon. Jadi buat pengunjung yang ingin sekedar melihat-lihat atau membeli bisa juga di area pintu masuk Doraemon 100 Secret Gadget Expo tersebut.

[caption id="attachment_388868" align="aligncenter" width="252" caption="Pintu masuk menunjukkan tiket sebelum masuk ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo (Dok. Rani)"]

1420524217385384170

[/caption]

Karena tak sabar melihat bagaimana isi dari Doraemon 100 Secret Gadget Expo, saya membawa anak saya masuk ke dalam. Disini di pintu masuk ini, barulah saya menyerahkan tiket masuk yang saya peroleh dari Kompasiana secara gratis itu, disobek bagian ujung satunya dan kami pun siap berpetualang di dalam dunia Doraemon. Begitu masuk, semua pengunjung langsung dibuat sibuk berfoto dengan manekin Doraemon dan Dorami. Di setiap manekinnya sudah ada keterangan tentang makna manekin tersebut, misalnya bagaimana Doraemon kehilangan kedua telinganya. Lalu ada juga tulisan untuk tidak menduduki atau menginjak area dimana manekin dipajang.

Namun sayangnya, masih ada saja pengunjung yang melanggarnya. Ini salah satu yang disesalkan oleh saya juga crew karena setelah saya tanya langsung kepada salah satu crew Doraemon 100 Secret Gadget Expo tersebut, mereka sangat kewalahan melarang dan mengingatkan pengunjung dengan aturan yang sudah jelas tertera di setiap manekin Doraemon maupun Dorami yang dibatasi pagar tersebut. Parahnya sebagian orangtua ada yang menyuruh anak-anaknya naik dan menginjak papan berlantai rumput sintetis itu untuk lebih dekat dengan Doraemon lalu diambil fotonya. Hanya memang tulisan peringatan tersebut berbahasa Inggris, tentu harapan crew semua pengunjung dapat memahami isi tulisan tersebut. Namun tidak demikian kenyataannya.

[caption id="attachment_388873" align="aligncenter" width="448" caption="Suasana di Doraemon 100 Secret Gadget Expo (Dok. Rani)"]

14205244451568070970

[/caption]

Sebelum memasuki bagian inti, semua pengunjung dibuat takjub dengan kendaraan mesin waktu Doraemon, jelas semuanya dibikin sibuk berfoto. Saya lalu masuk ke dalam, dan waw ada 100 diorama Doraemon bersama isi kantongnya dipajang dengan rapi dan indah, ditata sedemikian rupa di kanan, kiri dan tengah. Diawali dengan ‘doko demo doa *bahasa Jepang–pintu kemana saja, saya pun ikut mengabadikan foto bersama anak saya disitu. Karena suasana yang ramai, pengunjung yang ingin membaca informasi tentang gadget si Doraemon justru kesulitan sehingga harus mengalah karena tergeser kesana-kemari demi memberikan keleluasaan bagi pengunjung yang sibuk mengabadikan setiap gadget Doraemon.

[caption id="attachment_388871" align="aligncenter" width="448" caption="Salah satu booth "]

1420524326635094342

[/caption]

Di dalam juga ada jembatan buatan dimana di kanan dan kirinya ada pohon sakura imitasi seperti sebuah taman Jepang buatan yang berukuran mini dilengkapi air mancur ukuran mini pula di kedua sisi. Pengunjung bisa memotret gadget Doraemon dari atas jembatan sehingga lebih banyak gadget Doraemon yang bisa diabadikan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengunjung terutama yang memang menyukai dunia Doraemon di dalam Doraemon 100 Secret Gadget Expo kali ini. Sebut saja pajangan 3 dimensi yang ada baling-baling bambunya, kotak telepon, kotak pos, cupid dan lain-lain yang menambah keseruan Doraemon 100 Secret Gadget Expo tersebut. Sungguh pengunjung dibuat heboh sambil antri untuk berfoto di booth-booth yang disediakan untuk memanjakan para pecinta Doraemon. Perhatikan karena tak semua booth gratis ada beberapa yang berbayar juga, biayanya Rp 80.000,- untuk sekali foto.

Usai menikmati ke-100 gadget Doraemon, pengunjung disuguhi dengan berbagai pernak-pernik Doraemon mulai dari stiker seharga Rp 22.500,-, kaos anak seharga Rp 129.900,- dan masih banyak lagi dimana semuanya berbau Doraemon. Bagi pengoleksi pernak-pernik Doraemon, sebaiknya memang datang ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo ini, karena ada puluhan mungkin ratusan pernak-pernik yang bisa dibeli untuk melengkapi koleksi Doraemon anda. Tentu saja harganya pun sangat beragam. Sistem belanjanya menggunakan nota lalu dibayar di kasir dan barang dijemput kembali di bagian nota. Agak sedikit repot memang tapi demi keamanan sepertinya memang harus seperti itu, tidak ada sistem keamanan untuk mengecek jika ternyata ada pengunjung yang mengambil barang.

Saya rasa Doraemon 100 Secret Gadget Expo di Ancol Mall kali ini bisa jadi pilihan liburan untuk keluarga. Selain anak-anak pasti menyukainya, orangtua pun senang karena bisa menyaksikan kegembiraan anak-anaknya berpetualang di dunianya Doraemon. Doraemon 100 Secret Gadget Expo masih dibuka hingga 08 Maret 2015, jadi jangan sampai kelewatan ya. Khusus bagi pengguna kartu kredit dan flazz BCA ada potongan khusus setiap pembelian tiket masuk Doraemon 100 Secret Gadget Expo. Oh iya karena sekarang musim hujan, bawalah selalu payung atau jaket untuk anda dan keluarga.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Jakarta apalagi menggunakan kendaraan umum. Waspada banjir dan air menggenang di pintu masuk bagian barat Ancol, jika memungkinkan pakailah sepatu boot untuk anak atau pakai sandal yang mudah dibersihkan sehingga tidak menimbulkan bau saat masuk ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo. Bau kaki akan sangat mengganggu pengunjung yang sedang menikmati acara tersebut.

Bagi yang muslim, mushola ada satu lantai satu persis di bawah Doraemon 100 Secret Gadget Expo, sebelah kiri dan ikuti petunjuk bergambar musholla. Sayangnya, disana tempat wudhu-nya antara pria dan wanita menjadi menyatu, jadi bagi para wanita sebaiknya berhati-hati untuk tetap menjaga auratnya. Ini memang sedikit kurang nyaman bagi pegunjung yang muslim khususnya yang wanita.

Di pintu keluar masih di lantai yang sama, pengunjung disambut oleh balon Doraemon yang sangat besar yang menghadap pantai timur Ancol. Setelah puas melihat Doraemon 100 Secret Gadget Expo di dalam mall, pengunjung masih dipuaskan lagi dengan angin pantai lengkap dengan balon Doraemon di luar mall. Pokoknya seharian bersama Doraemon, puas banget deh.

Pesan terakhir dari saya bagi yang ingin berkunjung ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo, jagalah kebersihan, ikutilah peraturan yang ada dan antrilah yang benar. Dengan begitu, kita ikut menjaga terselenggaranya Doraemon 100 Secret Gadget Expo dengan baik dan ikut meringankan tugas crew yang tengah sibuk mengawasi setiap jengkal dari acara Doraemon 100 Secret Gadget Expo tersebut. Saling mengerti tugas dan kewajibannya masing-masing.

Overall, saya sangat puas berkunjung ke Doraemon 100 Secret Gadget Expo juga terimakasih Kompasiana untuk tiket gratisnya.

Doumo, arigatou gozaimashita Dora chan, ureshikatta! *terimakasih Doraemon, saya senang sekali.

Ja, mata aimashou. *sampai bertemu kembali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline