Lihat ke Halaman Asli

Rochmat Solehudin

Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Problematika Fasilitas Kampus di Setiap Fakultas

Diperbarui: 28 April 2023   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Canva.com

Mahasiswa yang belajar di universitas seringkali dibebani dengan biaya yang harus dibayarkan setiap semester atau tahunnya. Biaya tersebut dikenal dengan istilah UKT (Uang Kuliah Tunggal). UKT ini meliputi berbagai macam biaya seperti biaya kuliah, biaya kegiatan, biaya perpustakaan, dan sebagainya. Dalam satu kampus namun berbeda fakultas, mahasiswa membayar UKT dengan nominal yang kurang lebih sama. Namun, permasalahan muncul ketika mahasiswa mengetahui bahwa fasilitas kampus yang diberikan berbeda-beda untuk setiap fakultasnya.

Perbedaan yang dirasakan oleh mahasiswa adalah perbedaan fasilitas kelas yang kurang nyaman, gedung yang kurang bagus daripada fakultas lain dan masih banyak lagi. Beberapa fakultas mempunyai kelas yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, LCD projector, dan lainnya. Sedangkan, beberapa fakultas lainnya hanya dilengkapi dengan kursi dan meja yang kurang nyaman, serta papan tulis yang sudah tua dan sulit digunakan. Hal ini tentu sangat merugikan bagi mahasiswa yang harus belajar dalam kondisi yang kurang nyaman.

Selain perbedaan fasilitas kelas, masih ada perbedaan fasilitas lainnya seperti laboratorium, perpustakaan, dan tempat parkir. Beberapa fakultas memiliki laboratorium yang lengkap dengan alat-alat yang canggih dan modern. Sedangkan, beberapa fakultas lainnya hanya memiliki laboratorium yang minim fasilitas. Begitu juga dengan perpustakaan, beberapa fakultas memiliki koleksi buku yang lengkap dan terbaru, sedangkan beberapa fakultas lainnya tidak memiliki koleksi buku yang memadai. Perbedaan fasilitas tempat parkir juga menjadi permasalahan bagi mahasiswa yang harus memarkirkan kendaraannya di tempat yang jauh dari kampus.

Perbedaan fasilitas antar fakultas ini tentu sangat merugikan bagi mahasiswa yang harus membayar UKT dengan nominal yang sama. Mahasiswa merasa tidak adil ketika harus belajar dalam kondisi yang kurang nyaman dan fasilitas yang minim. Oleh karena itu, pihak universitas harus memperhatikan hal ini dan memberikan fasilitas yang sama untuk setiap fakultasnya. Dengan memberikan fasilitas yang sama, mahasiswa akan merasa lebih nyaman dan memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan mengembangkan dirinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline