Lihat ke Halaman Asli

Rochmad Wasito

Freelance Fotografer

Belajar Sains Menyenangkan bersama Fun Edu Science Learning

Diperbarui: 6 Februari 2023   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret kakak-kakak mendampingi adik adik melakukan post tes (Dokpri)

Manyar- sejumlah mahasiswa uisi melaksanakan kegiatan pembelajaran sains yang interaktif menyenangkan dan disukai anak anak. Fun edu science learning merupakan kegiatan pembelajaran sains yang menyenangkan. Kegiatan bertempat di perpustakaan rumah pelangi yang berlokasi di Jl. Kyai H. Syafi’I, suci, kec. Manyar kabupaten gresik. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap 2 pekan sekali setiap jum’at dalam rentang waktu terhitung 3 bulan. target utama dari kegiatan ini adalah anak anak yang sering berkunjung di perpustakaan, Usia antara 8 s/d 12 tahun. Rata rata anak yang sering berkunjung di perpustakaan ini adalah siswa(i) madrasah ibtida’iyah dan madrasah tsanawiyah.

Elsa, khofifah, Rochmad dan sasa adalah mahasiswa aktif universitas internasional semen Indonesia sebagai pendamping dalam kegiatan tersebut. Ditemani 2 orang dosen pembimbing  Sekarsari Utami Wijaya,S.Stat., M.Si. Dosen teknik logistik dan Yunita Siti Mardhiyyah, S.TP., M.Si. dosen Teknologi industry Pertanian. Kedua dosen pembimbing tersebut juga turut hadir mendampingi dalam kegiatan fun edu science learning tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari anak anak perlu di beri pengetahuan mengenai dunia sains. Hal ini lah yang menjadi latar belakang kegiatan ini. Ada 5 materi untuk anak anak meliputi mengenal warna primer dan sekunder, khasiat buah, tekanan, asam dan basa serta zat cair. Eitss anak anak juga melakukan pre test dan post test agar nantinya para pendamping dapat mengetahui sejauh mana anak anak faham mengenai materi yang disampaikan. Tak hanya belajar mengenai teori, anak anak juga diajak bereksperimen sederhana sehingga belajar sains menjadi menyenangkan bagi anak anak.

hasil karya anak anak dari eksperimen asam dan basa (Dokpri)

Anak anak juga dikenalkan seputar seputar zat cair baik sifat maupun karakter. Zat cair adalah zat yang dapat berubah bentuk menyesuaikan dengan bentuk tempatnya serta zat cair mempunyai sifat dapat menguap. Anak anak sangat menikmati eksperimen air ini meski dalam beberapa kondisi rela basah.

Eksperimen khasiat buah.

Bagai anak perempuan mungkin eksperimen ini adalah eksperimen yang paling disukai, yakni membat salad buah. Eitss tunggu dulu. Anak anak tak hanya sekedar membuat sald namun juga harus mengetahui apa kandungan yang ada dalam buah tersebut. Sehingga anak anak dapat lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah buahan segar tersebut.

selain kedua eksperimen diatas banyak sekali keseruan yang dilakukan anak anak yang mengunjungi perpustakaan rumah pelangi, tunggu fun edu science selanjutnya di daerahmu!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline