Lihat ke Halaman Asli

Khoirul Rochim

Dalam hidup berikan makna hiasan yg indah

Pentingnya Marketing Plan dalam Mengembangkan Bisnis ke Depan

Diperbarui: 10 April 2020   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Berbisnis merupakan suatu kegiatan yang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Disini tidak hanya untuk pribadi melainkan juga untuk orang lain agar membantu perekonomian seseorang. Jika sudah mempunyai bisnis sendiri, setidaknya membantu perekonomian diri sendiri maupun orang lain karena mempekerjakan orang lain. Dimana selain mempekerjakan juga memberikan edukasi pada seseorang tersebut agar lebih bermanfaat.

Dalam dunia bisnis, jika produk yang diproduksi terkenal oleh khalayak umum dan bisa dinikmati oleh konsumen disemua penjuru kota maupun provinsi. Agar bisnis itu sendiri terkenal dan tersebar dan menimbulkan relasi terhadap sesama itu sendiri. Maka yang perlu diperhatikan adalah Marketing Plan. Marketing plan merupakan suatu rencana pemasaran sebagai aktivitas bisnis dalam memperkenalkan produk di penjuru kota maupun provinsi. Marketing plan atau rencana pemasaran menjadi rencana kedepan dalam bisnis agar produk dihasilkan dapat dipasarkan ke semua publik agar di konsumsi oleh publik dan dikenal juga.

Rencana pemasaran juga harus mempertimbangkan target lokasi sehingga bisa melihat lokasi yang mana bisa yang mempromosikan produk sehingga yang dihasilkan diminati oleh konsumen. Tetapi sebelumnya harus melakukan survey lokasi yang mana ini dilakukan untuk memilah memilah yang cocok dalam target marketing plan itu sendiri. Sehingga ini dapat menjadi pengenalan produk baru yang dihasilkan agar terkenal dan diminati oleh konsumen. Marketing plan ini harus betul-betul di fahami dalam menjalankan bisnis yang akan di kembangkan.

Segmentasi pasar juga penting dalam marketing plan, hal ini segmentasi pasar perlu dalam aktivitas bisnis karena nantinya membagi kelompok-kelompok pembeli yang sesuai kebutuhan dan karakteristik produk yang dihasilkan sehingga menimbulkan bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar ini menjadi salah satu strategi Duni bisnis  yang kegiatan mengelompokkan produk-produk  sesuai dengan kesamaan, kemiripan, minat,  serta kebutuhan konsumen yang diminati. Sehingga ini dapat tersusun secara rapi agar produk menjadi terkenal dan layak dikonsumsi publik. Marketing plan menjadi titik pengembangan dalam bisnis sehingga kedepan sesuai target kedepan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline