Lihat ke Halaman Asli

Miss, Tolong Bedakan Separation Anxiety dengan Manja

Diperbarui: 20 April 2016   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Beberapa waktu lalu saya sempat sedikit kesal dengan seorang guru (miss) di sekolah anak. Sebulan sekali saya dan suami memang menyempatkan diri mengantar anak ke sekolah, sementara hari-hari lain dia ikut layanan antar-jemput yang disediakan oleh pihak sekolah.

Setiap kali diantar oleh kami berdua anak saya hampir selalu menangis ketika berpamitan, memang terkadang tangisannya keras namun tidak pernah lama. Kenapa saya tahu kalau tidak lama? Karena kami tidak langsung meninggalkan sekolah hanya ‘menghilang’ dari pandangan anak sambil mendengarkan berapa lama anak itu menangis. Kenyataannya memang tidak lama, setelah menaruh tas di kelas biasanya dia sudah tenang.

Tapi hari itu yang membuat saya kesal karena mendengar salah seorang miss bilang ke koleganya yang mencoba menenangkan anak saya supaya jangan dikasih perhatian, itu cuma tangisan manja, tangisan cari perhatian. Sejujurnya saya langsung kesal dan hendak mengkonfrontasi langsung, tapi suami melarang dengan alasan kalau si anak lihat malah efeknya negatif. Akhirnya saya turuti suami dan mengurungkan niat tersebut.

Saya dan suami sadar bahwa anak kami memang cenderung mengalami separation anxiety. Kondisi ini dia alami biasanya setelah libur atau diantar sekolah oleh kami berdua. FYI, anak kami berusia 3 tahun dan untuk sementara ini kami memilih ia sekolah part time agar imbang apa yang diterima di sekolah dengan apa yang diajarkan oleh orang tua. Kebetulan suami seorang self-employed , kebanyakan pekerjaan dilakukan di rumah. Hanya waktu-waktu tertentu saja dia perlu pergi untuk rapat atau presentasi kepada klien, kadang malah bisa dilakukan lewat Skype. Jadi saat anak tidak sekolah ia banyak menghabiskan waktu dengan ayahnya. Entah diajak pergi, di rumah atau ikut menemui klien.

Situasi tersebut pada satu sisi membuat dia dekat dengan ayahnya, di sisi lain setelah menghabiskan waktu dengan ayahnya tak jarang ia mengalami separation anxiety sehingga enggan sekolah. Namun setelah diyakinkan ia selalu mau berangkat sekolah, kala kendaraan antar-jemput sampai di rumah saja dia selalu tampak antusias.

Jadi tangisan memang hanya muncul saat diantar oleh kami berdua ke sekolah, kadang juga setelah liburan panjang ia menangis di sekolah tapi tidak lama. Setidaknya itu yang saya tahu dari kepala sekolah dan wali kelasnya sebab memang sambil mengantar anak saya menyempatkan diri untuk menanyakan kondisi serta perkembangan anak di sekolah.

Bahwa seorang pengajar/guru/miss di pre-school tidak dapat membedakan antara sikap manja dengan separation anxiety terus terang mengejutkan bagi saya mengingat saat ini ilmu sudah sangat mudah diakses, sebagian besar dari mereka juga masih muda. Asumsinya masih cukup punya waktu, minat dan kemampuan memelajari hal-hal baru.

Separation anxiety bukan hanya wajar pada anak usia pra sekolah, walaupun kebanyakan mulai muncul pada usia 18 bulan. Menurut beberapa sumber yang saya baca termasuk penjelasan dari konsultan dari pemerintah saat kami masih tinggal di Melbourne (yang mana setiap sebulan sekali orang tua wajib menemui konsultan tersebut), kondisi tersebut lebih kerap ditemukan dan lebih sulit dihilangkan pada anak yang memiliki keterikatan kuat dan sehat dengan orang tuanya.

Sama sekali berbeda dengan manja, manja tidak selalu muncul dari anak yang dekat dengan orang tuanya. Sebab manja muncul dari perlakuan lingkungan terhadap dirinya. Misalnya orang tua, kakek-nenek, baby sitter atau bahkan asisten rumah tangga yang terbiasa menolerir sikap negatif seorang anak. Atau justru dilakukan oleh anak yang sedang mencari perhatian secara negatif karena merasa kurang terperhatikan.

Sementara sikap manja timbul salah satunya sebagai akibat dari orang tua yang kurang responsif sehingga anak harus mencari perhatian negatif, tidak demikian halnya dengan separation anxiety. Sebab yang kedua itu (separation anxiety) justru muncul pada anak yang memiliki orang tua responsif semenjak ia masih bayi. Dan orang tua yang bersikap responsif ini memberikan landasan bagi anak nantinya untuk lebih percaya diri mencoba banyak hal, menghadapi berbagai hal meski pada sisi lain sebelum tahap itu terjadi yang bersangkutan terlebih dahulu mengalami kesulitan berpisah dari orang tuanya.

Terkadang entah karena malu, atau tidak tahan orang lain terus menerus menyebut anaknya manja lantas orang tua yang sebenarnya sudah memiliki basis atau dasar yang kuat menjadikan seorang anak benar-benar mandiri tersebut justru kemudian merespon sikap anak secara negatif. Memaksa anak mandiri sebelum waktunya, menolak ketika si anak berharap kepadanya. Akhirnya yang muncul adalah detachment yang justru berdampak negatif pada hubungan anak dengan orang tua, rasa percaya anak kepada orang tua pun kemudian dikorbankan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline