Lihat ke Halaman Asli

Cara Tradisional dan Murah Membasmi Jerawat

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jika kita mendengar kata jerawat pasti kita sudah bisa membayangkan seperti apa jerawat itu. Ada beberapa sebab mengapa jerawat timbul pada wajah, seperti kurang merawat wajah yang sering terkena debu,produksi minyak pada pori-pori wajah yang terlalu banyak, penggunaan kosmetik berlebihan atau menggunakan kosmetik yang tak cocok diwajah dan strespun bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah dan ponsel juga bisa menjadi sarang tumbuh suburnya bakteri, jadi usahakan jangan terlalu menempelkan ponsel saat menelpon atau gunakanlah headset. Jerawat memang bukan penyakit yang mematikan seperti demam berdarah dan kanker, tetapi jika jerawat muncul pada wajah kita tentu kita merasa kehilangan rasa percaya diri dan akibatnya kita malu yang pada akhirnya malas mengerjakan kegiatan yang akan kita lakukan.Kligmann, seorangpenelitimasalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." (wikipedia). Sudah banyak sekarang produk-produk yang bisa membasmi jerawat tetapi tidak semua orang percaya kepada produk-produk tersebut karena mereka menganggap bahwa produk tersebut bukannya menghilangkan jerawat tetapi menimbulkan jerawat yang lainnya. Tentu saat kita mencoba untuk memakai salah satu produk tersebut dan hasilnya jerawat bertamabah kita akan beralih ke produk lain sampai menemukan produk yang cocok untuk wajah kita dan itu cukup merepotkan. Jika anda menganggap bahwa cara tersebut merepotkan atau anda tidak percaya para produk buatan pabrik, ada beberapa cara tradisional yang bisa anda coba untuk menghilangkan jerawat anda dan caranyapun tidak terlalu sulit.

Berikut beberapa cara tradisional yang bisa menghilangkan jerawat. Minyak pohon teh , oleskan minyak pohon teh di tempat yang berjerawat di wajah, minyak ini akan membantu mengeringkan kulit. Banyak orang telah menemukan bahwa hal ini akan mengurangi penumpukan minyak pada pori-pori. Sari daun pepaya, ambil dua helai daun pepaya tua lalu jemur setelah itu lumatkan daun dan beri air lalu diperas untuk diambil sari daunnya dan sari tersebut oleskan pada jerawat. Jahe, sering kita jumpai bahan ini didapur untuk memasak dan ternyata jahe juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan jerawat dengan mudah. Parut jahe tersebut kemudian usapkan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Cara paling mudah berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air mineral, setidaknya dalam sehari kita harus mengkonsumsi delapan gelas air mineral. Berikutnya adalah dengan daun sirih, caranya dengan merebus daun sirih tersebut, kemudian dinginkan airnya dan kemudian gunakanlah air tersebut untuk cuci muka. Madu Asli, madu asli memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan. Madu ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup oleskan madu di bagian yang wajah yang berjerawat dan diamkan sekitar duapuluh menit lalu bilas dengan air bersih. Mentimun juga bisa menjadi obat tradisional untuk menghilangkan jerawat karena mentimun memiliki kadar air yang banyak dan dipercaya mampu membantu mengurangi jerawat dengan membuag racun yang menutupi pori-pori. Caranya cukup mudah, dengan menempelkan mentimun di wajah 10 -30 menit satu haridan rasakan manfaatnya dalam 1-4 bulan.

Pemaparan diatas merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cara tradisional dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa melakukannya. Sebenarnya masih banyak bahan-bahan yang bisa dijadikan obat penghilang jerawat secara tradisional tetapi disini hanya memaparkan sebagian saja. Ada beberapa cara untuk mencegah munculnya jerawat salah satunya adalah selalu bersihkan permukaan ponsel dengan alkohol.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline