Lihat ke Halaman Asli

Misteri Planet Mars

Diperbarui: 29 Maret 2016   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Planet Mars"][/caption]

Planet Mars adalah planet ke 4 dari jarak matahari kita, planet mars juga planet terdekat dengan bumi sekitar 362 juta km. sampai sejauh ini Nasa sudah mengirimkan robot ekspedisi bernama Curiosity, robot ini sudah diberangkatkan pada tahun 2012 yang lalu. pada akhirnya robot tersebut berhasil mendarat di planet mars dengan selamat dan berhasil mengeksplorasi planet mars. Untuk sampai ke Mars, Curiosity telah melakukan perjalanan selama delapan bulan 11 hari. Jarak yang ditempuh sekitar 352 juta mil, atau 567 juta kilometer.

Dari hasil animasi yang dibuat David Paliwoda dan Jesse Williams, untuk sampai ke Mars, manusia hanya membutuhkan waktu sekitar 150 hari. Itu pun jika dilakukan dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau tiga kali kecepatan cahaya. planet mars memang planet yang paling memungkinkan untuk ditempati oleh manusia selain planet bumi ini. setelah penelitian yang dilakukan oleh Nasa planet tersebut memiliki atmosfer mirip dengan di bumi, planet ini juga memiliki lembah seperti sungai dan pegunungan - pegunungan. 

Kondisi geografis di planet mars mirip sekali dengan keadaan di timur tengah, kontur tanahnya hanya bebatuan dan pasir. sehingga planet mars jika dilihat dari luar angkasa nampak berwarna merah, akibat pantulan permukaan mars yang berpasir, karena 90 % persen permukaan planet mars hanya padang pasir dan bebatuan. penelitian mengenai planet merah ini memang sudah lama dilakukan oleh Nasa dan para peneliti diseluruh dunia. planet mars adalah masa depan penduduk bumi untuk segera mengeksplorasi planet-planet terdekat dengan bumi. planet mars memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandngkan bumi, kutub selatan dan kutub utara planet mars juga memiliki salju layaknya di bumi.

Misteri yang menyelimuti planet ini juga membuat menarik para ilmuwan dari seluruh dunia, hasil - hasil foto yang di lakukan oleh robot Curiosity melihatkan bahwa di planet mars pernah di huni mahluk hidup, hal ini di buktikan penemuan foto-foto mengenai fosil dan bakteri yang terkandung dari bebatuan yang ada di planet tersebut. sebenarnya hal ini hanya bisa dibuktikan dengan cara manusia secara langsung pergi ke planet mars.

Pada tahun 2023 Nasa akan mengirimkan 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan untuk tinggal dan membangun koloni baru di planet mars, tentu saja dengan resiko mereka tidak akan bisa kembali ke planet bumi. hal ini yang sedang di teliti dan sudah ada proses rekruitment dar seluruh dunia bagi yang berminat sebagai sukarelawan yang tentu saja jika berhasil akan menjadi sejarah bagi umat manusia, bahwa manusia mulai mengeksplorasi planet mars.

Cikal bakal kehidupan adalah air, jika memang planet mars ternyata memiliki air maka tidak menutup kemunginan mars memiliki mahluk hidup. Nasa membocorkan sedikit foto-foto yang sudah tersebar di dunia maya hasil dari penangkapan kamera yang diambil oleh robot Curiosity, jika memang benar ada mahluk hidup di planet mars, maka penemuan ini merupakan penemuan yang paling bersejarah dan membanggakan bagi umat manusia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline