Lihat ke Halaman Asli

Jakarta Layaknya Gotham City

Diperbarui: 21 Maret 2016   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Kota Mati"][/caption]

 

Anda tentunya sangat asing sekali dengan Gotham City, ya karena Gotham City adalah kota fiktif yang ada di cerita Batman, jika anda bukan penggemar cerita kartun animasi maka anda tidak tahu dan tidak paham. walaupun fiktif namun ada kemiripan dan kesaman dengan kota Jakarta, ibu kota republik Indonesia yang sangat kita cintai dan banggakan. kalau dalam penggambaran didalam cerita Batman kota Gotham dapat di gambarkan sebagai kota yang sangat modern seperti halnya kota-kota megapolitan didunia.

Namun bukan kemodernisasiannya yang akan mau saya bahas, akan tetapi keadaan sosial masyarakatnya yang menjadikan kota Gotham mirip seperti halnya kota Jakarta. Di dalam ilustrasi yang diceritakan didalam serial film Batman kota Gotham adalah kota yang korup, saking parahnya pemerintah daerahnya korup, legislatif, yudikatif maupun eksekutif. kemudian tidak hanya korup saja namun masyarakatnya juga "lemah moral" banyaknya seks bebas dijalan-jalan dan sudut-sudut kota Gotham, banyaknya premanisme, narkoba, serta banyaknya kasus pembunuhan di dalam kota tersebut.

Bukannya tidak ada lembaga hukum atau institusi kepolisian yang mampu menegakkan hukum, namun semua itu percuma karena sistem kepolisiannya / lembaga hukumnya yang sudah korup akut, dan lembaga kepolisiannya malah takut dengan para mafia dan premanisme di kota tersebut. Tidak hanya kasus kejahatan saja yang menggerogoti kota Gotham, namun masalah lingkungan juga sama buruknya walaupun kota Gotham sangat modern akan tetapi masyarakatnya sangat jorok dan kotor sehingga lingkungan dikota tersebut menjadi kumuh.

Dari sekelumit cerita diatas apakah anda sadar bahwa ada banyak kemiripan antara kota Jakarta dengan Gotham City? jawabannya tentu saja banyak sekali kemiripannya. Dari segi buruknya kualitas kinerja lemabaga eksekutif, legislatif dan yudikatif yang berdampak pada korupsi merajalela di ketiga lembaga tersebut, kemudian keadaan sosial masyaraktnya yang cukup rendah terbukti banyaknya pelacuran secara terang-terangan disudut-sudut kota jakarta, narkoba yang merajalela di setiap urat nadi generasi bangsa Jakarta serta buruknya keadaan lingkungan di jakarta (sampah dimana-mana) yang menyebabkan buruknya dan kumuhnya kota lebih dominan dari pada kemajuan modernisasinya.

Sama halnya keadaan kriminalitas di Gotham city, dikota jakarta juga kriminalitas cukup tinggi, karena penegak hukumnya masuh mau bernegosiasi dengan penjahat (premanisme berdasi/tidak berdasi) hukum masih dapat di negosiasikan tergantung anda mampu berapa banyak membayar untuk meringankan besarnya hukuman yang anda dapatkan. seperti contoh tokoh preman seperti Hercules dan John Key malah seperti dewa bagi masyarakt jakarta namanya begitu di elu-elukan bahkan ditakuti layaknya seorang nabi baru atau juru selamat kota Jakarta, sungguh ironis memang mental orang Jakarta seperti halnya tokoh antagonis di Gotham City yaitu Joker, Two Face dll. para Mafia dan Preman malah menjadi tokoh yang memperngaruhi kebijakan dan tatanan sosial masyarakat disebuah kota. (sungguh ironis)

Apakah Kota Jakarta akan menuju kehancuran seperti halnya Gotham City? tentu saja tidak. saya masih optimis bahwa kinerja pemimpin kota Jakarta saat ini lebih baik dari gubernur korup sebelumnya, mungkin kalau gaya kepemimpinan gubernur saat ini masih sama seperti gubernur - gubernur sebelumnya Jakarta akan sama hancur dan bobroknya dari Gotham City. hal yang harus di tanamkan dari seorang gubernur kota Jakarta adalah sebuah ketegasan. hanya seorang gubernur Jakarta yang berani melawan serta menumpas kebusukkan tatanan birokrasi dan sosial yang akan mampu menjadi seorang pahlawan di kotanya sendiri. Jakarta dewasa ini memang sedang berbenah, semoga Jakarta menjadi kota yang baik dan aman bagi masyarakatnya. amin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline