Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Robith Adani

SEO Content Writer di Sekawan Studio

Permudah Pencarian Lokasi Strategis dengan Google My Business

Diperbarui: 10 Juli 2021   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

google my business (Source: Unsplash)

Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku merupakan salah satu layanan berbasis internet dan termasuk ke dalam produk yang diciptakan oleh Google untuk para pemilik usaha dalam mempromosikan bisnis mereka. GMB diluncurkan secara resmi pada bulan Juni tahun 2014 untuk membantu para pemilik bisnis agar dapat mengkonfigurasikan apa yang ditampilkan dalam hasil pencarian yang dilakukan pengguna (user) saat mencari nama perusahaan di search engine Google.

Hal tersebut yang menjadi salah satu fokus kami untuk mengenalkan lebih luas kepada masyarakat yang hendak mencari atau berkunjung ke Desa Sekarbanyu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sehingga, pemanfaatan platform Google My Business untuk mengenalkan Balai Desa Sekarbanyu menjadi prioritas dalam program kerja KKN UM di tahun 2021 ini.

Penanggung jawab untuk dapat mengintegrasikan platform ini adalah Muhammad Robith Adani yang berperan juga sebagai koordinator desa dalam kelompok KKN UM model blok di Desa Sekarbanyu. Hal pertama yang kami lakukan adalah dengan mengumpulkan berbagai macam informasi untuk dimasukkan ke dalam data GMB.

Informasi yang dibutuhkan meliputi nama bisnis atau lokasi, alamat, email, nomor telepon, jam operasional, dan provinsi. Untuk nama lokasi yang kami gunakan untuk kebutuhan akses GMB adalah Balai Desa Sekarbanyu sebagai tempat strategis untuk mengetahui setiap informasi di wilayah tersebut. Kami telah berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mendalami dan mendapatkan beberapa referensi yang valid dan tepat untuk kelancaran proker yang dijalankan.

Setelah mendapatkan beberapa data yang cukup, selanjutnya kami memasukkan setiap informasi ke dalam GMB. Sebagai penanggung jawab proker, Robith bertanggung jawab dalam setiap proses pembuatan akun. Mulai dari menginputkan data, hingga mengintegrasikan lokasi ke dalam Google Maps. Kemudian, masuk pada tahap validasi data yang nantinya akan diverifikasi oleh tim Google sekitar 4 hari. 

Setelah mendapatkan email notifikasi, akses informasi terkait Google My Business dapat dilihat dengan memasukkan kata kunci (keyword) "Balai Desa Sekarbanyu" melalui mesin pencarian. Setiap pengguna internet dapat melihat info penting mengenai lokasi balai desa, waktu operasional, hingga dapat mengetahui alamat situs dan menyimpan akses petunjuk jalan agar dapat menuju ke kantor tersebut.

Kami juga menambahkan foto bangunan dari balai desa, lengkap dengan rute yang telah disediakan oleh Google Maps. Selain itu, keunggulan dari fitur Google My Business ini terletak pada pemberian ulasan (feedback) yang dapat ditambahkan oleh user. Sehingga, untuk kedepannya dapat memperbaiki kualitas layanan dan infrastruktur yang tersedia.

Kami berharap, dengan pembuatan GMB ini lebih memudahkan lokasi pencarian dari kantor desa Sekarbanyu melalui internet dan memudahkan pengunjung dari luar Kabupaten Malang saat hendak menuju akses daerah tersebut. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline