Lihat ke Halaman Asli

Robi Maulana

Mahasiswa Universitas Mercubuana Jakarta

TB _2 Makalah Proposal Bisnis Warmindo X Black Chicken Japanese

Diperbarui: 31 Mei 2023   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Robi Maulana

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Makanan adalah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi keberlangsungan manusia, Zaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, duahal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.

hal ini terus berlanjut  dari masa ke masa, zaman ke zaman hingga sampai dalam masa sekarang di mana era digitalisasi semakin berkembang dan semua bisa di dapatkan dengan mudah, hal ini juga berdampak pada dunia makanan dimana manusia hidup di zaman yang serba ada dan ingin mudah mendapatkan hal di inginkan termasuk dalam kategori makanan.

Mudah, simpel, enak, murah, banyak, dan bergizi menjadi tuntutan seseorang dallam mencari makanan, tingkat konsumtif yang semakin tinggi memberikan orang orang peluang untuk berusaha atau berbisnis di dunia makanan atau dunia kuliner, ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat yang menimbulkan adanya inovasi -- inovasi dalam pembuatan makanan.

Dari fenomena ini maka kami merasa berpotensi dan cocok untuk mulai melakukan usaha aau bisnis yang kami mulai dari awal dengan mengusung makanan cepat saji, dan tentu dengan rasa yang enak, serta murah. Dari hal tersebut akhirnya kami menentukan usaha dan bisnis kami dengan Nama Warmindo x Ko Kei chic 3 saudara yang di mana prosuk atau menu makanan yang kami buat adalah mie instan yang siap di makan serta ayam goreng tepung hitam yang kami padukan denan saos yang bervariasi untuk menarik minat para penggila makanan siap saji. 

Usaha yang kami dirikan adalah dengan usaha skala kecil, namun kami mempunyai harapan dan target untuk memperluas usaha atau bisnis yang kami jalankan. Dengan factor produksi yang relative murah dan terjangkau serta mudah didapat. kami yakin usaha perdana yang kami lakukan ini memiliki berbagai aspek yang dapat menguntungkan, bagi pribadi maupun orang lain. 

Selain itu kami memilih menjalankan usaha ini adalah jelas karena akan memiliki keuntungan yang sangat besar dan meminimalisasi perubahan rasa dan kualitas dari makanan yang kami jual karena semua orang mengetahui prosuk yang kami Jual memiliki rasa yang selalu konsisten karena dari zaman dahulu hingga kini rasa mie instan sudah pasti selalau konstan.

Adapun poin yang melatar belakangi usaha yang kami dirikan adalah sebagai berikut :

  • Masyarakat yang membutuhkan makanan dengan berbagai variasi sehingga tidak mengalami kebosanan dalam menyantap makanan siap saji.
  • Dengan produk yang murah di harapkan masyarakat tidak memiliki kesulitan dalam membeli produk makanan yang kami tawarkan.
  • Bahan baku yang mudah di dapat.
  • Dengan tempat yang kami sediakan masyarakat yang datang bisa lebih dari sekedar makan melainkan melebarkan relasi.
  • Perumusan Strategi Bisnis

Dalam Propsal Bisnis yang kami buat ada beberapa Strategi Bisnis yang kami terapkan   untuk menunjang keberlangsungan Usaha atau Bisnis  yang kami Jalankan yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Analisi peran leadership
  • Porters Five Generic Strategis
  • Menggunakan analisis  5 P ( Product, Price, Promotion, Place, and People)
  • Menggunakan analisa SWOT.
  • Menghitung Cost Volume Profit Analysis
  • Menghitung Brreak Even Point.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline