Lihat ke Halaman Asli

Komputer Dunia: Sejarah dan Perkembangannya

Diperbarui: 30 Agustus 2023   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sistem komputer adalah suatu sistem yang didalamnya Sistem mempunyai masukan (input), pengolahan data masukan, penyimpanan (menyimpan) data dan keluaran (ekspor) hasil pengolahan masukan, dalam bentuk dimana empat orang menjadi satu kesatuan yang mandiri. Dengan pemahaman tentang sistem komputer ini, kita dapat menyebutkan beberapa sistem dapat diklasifikasikan ke dalam sistem komputer, seperti telepon, televisi, radio, komputer, dan lain-lain semuanya memenuhi persyaratan ini. 

Artinya komputer adalah bagiannya Sistem komputer. Komputer sebagai suatu sistem akan berguna jika ada suatu item dimasukkan dan hasilnya adalah apa yang kami harapkan dari entri inidengan keinginan kita. Untuk menghasilkan output, komputer harus untuk mengolah data, komputer mempunyai alat komputer disebut pemroses yang terdapat pada CPU (Central Processing Unit).

Kecepatan pemrosesan data komputer mewakili kemampuannya dari komputer ini. Komputer generasi lama lebih cepat pemrosesan data rendah Hal ini karena prosesor dalam keadaan hidup PC lama adalah prosesor berkapasitas rendah karena tidak menggunakan chip elektronik. Selain kecepatan pemrosesan data, perbedaannya antara komputer lama dan komputer generasi baru juga ditandai dengan bentuk yang baik atau buruk gambar pada layar monitor. 

Unit tampilan gambar pada layar monitor adalah piksel (titik), jumlah titik yang dapat ditampilkan di layer disebut resolusi, jadi semakin tinggi resolusi layar kontrol, semakin besar tampilan gambar akan lebih baik. Perbedaan antara komputer generasi lama dan komputer generasi kebaruannya terletak pada kemampuan menghemat memori saat memproses data. Memori yang disimpan saat menggunakan komputer disebut RAM (ingatan hidup). Pada komputer generasi lama, jumlah RAM lebih buruk dari komputer generasi baru.

Komponen yang juga membedakan antara komputer generasi baru dan komputer generasi lama adalah kemampuan menyimpan data (recording), baik penyimpanan data sementara RAM maupun penyimpanan data tetap pada disk atau hard disk. 

Komputer generasi baru tentu memiliki kapasitas menyimpan data yang lebih baik dibanding komputer generasi lama. Di samping itu, bisa tidaknya perangkat-perangkat pendukung yang dihubungkan ke komputer, seperti harddisk, CD ROM, scaner, kamera, dan peralatan audio visual juga membedakan komputer generasi baru atau komputer generasi lama. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan hal-hal yang membedakan komputer generasi baru dengan komputer generasi lama antara lain adalah kemampuan processor, kemampuan menyimpan data, resolusi monitor, dan kemampuan multimedia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline