Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Peningkatan Literasi Digital Pendidik di SMPN 6 Tanggul oleh Tim Pengabdian FKIP UNEJ

Diperbarui: 27 Juli 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMPN 6 Tanggul 

Kompetensi dari seorang pendidik adalah kunci utama dalam keberhasilan suatu pembelajaran.  Permasalahan yang umum terjadi pada sekolah yang ada di tempat yang jauh dari pusat kota adalah rendahnya kemampuan numerasi siswa serta minimnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. SMPN 6 Tanggul yang merupakan SMP yang terletak di daerah  yang jauh dari pusat kota masih awam mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. 

Dunia kini telah memasuki era Society 5.0, dimana teknologi dan manusia adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.  Para peserta didik memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pengajaran terbaik khususnya pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Guru menjadi kunci utama keberhasilan pembibitan sumber daya manusia.  Guru dituntut untuk bisa lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang bermutu untuk menyongsong generasi emas Indonesia khususnya dalam pembelajaran matematika. Matematika adalah mata pelajaran yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Akan tetapi, jika dikemas dengan media pembelajaran yang menarik, maka akan memotivasi siswa untuk lebih menyenangi matematika. Pengembangan media pembelajaran berbasis digital dapat menarik siswa untuk lebih semangat dalam belajar matematika. Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika adalah software Lectora Inspire.

 Lectora Inspire menyajikan berbagai tools yang mendukung untuk menampilkan materi, menampilkan halaman web, dan mengerjakan sebuah kuis. Untuk bisa mengembangkan suatu media pembelajaran berbantuan teknologi, kompetensi digital pendidik sangatlah perlu untuk dibangun sehingga pendidik bisa lebih kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Berdasarkan fakta di lapangan, tuntutan tersebut tidaklah selaras dengan kuantitas pendampingan pengembangan kompetensi guru, dimana forum untuk pengembangan kompetensi pedagogic dan professional seorang guru masih sangatlah minim khususnya bagi guru yang ada di SMPN 6 tanggul di Desa Kramat Sukoharjo. Berdasarkan permasalahan tersebut, diadakan suatu forum untuk pengembangan kompetensi pendidik. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu dilakukan pelatihan, pendampingan, dan pembimbingan bagi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan literasi digital dan profesionalisme pendidik di sekolah mitra.

 Melalui pendampingan, pendidik diharapkan tidak lagi merasa kesulitan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan up to date sesuai dengan perkembangan zaman. Kegiatan pengabdian dikemas dengan menerapkan model pelatihan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Siklus pelatihannya terdiri dari lima tahap yaitu: 1) Analisis kebutuhan guru, 2) Desain pendekatan pelatihan, 3) Pengembangan materi pelatihan 4) Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang terdiri dari tahap pelatihan, pembimbingan dan pendampingan, dan 5) Evaluasi, dimana pada tahap ini dilakukan evaluasi dilanjutkan dengan pembuatan artikel ini dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian.

Kegiatan pelatihan, pembimbingan serta pendampingan yang diberikan pada pendidik di SMPN 6 Tanggul Kabupaten Jember bertujuan untuk : a. Meningkatkan kompetensi digital, professional dan pedagogi pendidik, b.  Kreatif dan Inovatif dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik dan bermakna, c.  Berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, d.  Aktif dalam kegiatan pelatihan atau diklat tentang pembelajaran, e. Meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, serta literasi digital peserta didik, f. Menciptakan peserta didik yang berkarakter, kritis, cinta tanah air serta bisa mewujudkan visi Indonesia menjadi Indonesia Emas tahun 2045.

Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar. Pendidik yang ada di SMPN 6 tanggul antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pengabdian. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline