Lihat ke Halaman Asli

Robi Ah Al Adawiyah

Mahasiswa Univeristas Pendidikan Indonesia

Pemanfaatan Video Sebagai Media Promosi Kampung Bojong Honje, Wanayasa, Purwakarta

Diperbarui: 15 Agustus 2022   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bapak Dani, Ketua RT Kampung Wisata Bojong Honje

Kampung Bojong Honje terletak di daerah desa cibuntu kecamatan wanayasa kabupaten purwakarta, di kampung nojong honje ini terdapat wisata alam yang bisa kita kunjungi dan juga wisata kuliner yang bisa kita cicipi. Kampung wisata bojong honje juga memiliki ebberapa keunikan, seperti hal nya rumah warga yang masih menggunakan adat dulu yaitu dengan adanya rumah panggung. Di kampung wisata bojong honje juga masih kental akan budaya nya, bisa di contohkan dengan masih adanya seni tutunggulan yang diadakan jika ada acara pernikahan atau sunatan.

Dengan beragamnya keunikan di kampung bojong honje, pemanfaatan video sebagai media promosi kampung wiata menjadi salah satu alternative pilihan yang cukup bagus, supaya kampung wisata bojong honje dikenal oleh masyarakat luas baik masyarakat purwakata sendiri ataupun dari luar jawa barat. 

Dalam sebuah wawancara dengan bapak dani selaku ketua rt dari kampung bojong honje mengatakan bahwasanya "bojong honje ini dulunya adalah hutan pohon honje, sejenis pohon lengkuas yang besar, bojong itu artinya kebun sedangkan honje itu artinya pohon honje".

Mayoritas para warga dikampung wisata bojong honje ini pekerjaanya adalah Bertani, dan cara Bertani di sana masih dengan cara alami yaitu menggunakan kerbau. Macam macam produksi dan konsumsinya pun beragam seperti Gula Aren, Gegeplak, Manisan Pala, Wajit dan Kerewel.

Produksi Gula Aren

Rumah adat yang tersedia di kampung honje juga memiliki desain yang unik berbentuk rumah panggung dan rumah adat ini sering digunakan untuk homestay apabila ada wisatawan yang ingin berkunjung ke kampung wisata bojong honje, terdapat juga beberapa curug di kampung wisata bojong honje, salah satu curugnya yaitu curug keramat yang sering dikunjungi oleh warga maupun oleh wisatawan yang berkunjung.

Rumah Adat Kamoung Wisata Bojong Honje

Wisata Curug Keramat

Tujuan dari pembuatan video promosi ini yaitu supaya bisa menarik banyak wisatawan dariu dalam kota maupun luar kota, penulis memberikan bantuan inovasi berupa pembuatan  video sebagai media promosi yang dilakukan di kampung wisata bojong honje, dengan menggunakan keberagaman yang ada supaya kampung bojpng honje lebih terekspos hingga luar kota.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline